Date:

Share:

Workshop Tulis Menulis, Tingkatkan Literasi Santri

Related Articles

GONTOR–Keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis. Dalam menulis juga dituntut untuk kreatif agar tulisan menjadi menarik dan pembaca tertarik membacanya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan literasi santri dalam menulis, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menggelar “Workshop Tulis Menulis” bagi siswa kelas 1-4 Kuliyyatul Mu‘allimin Al-Islamiyyah (KMI). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai hari Rabu (9/9) hingga Jum’at (11/9) bertempat di Gedung Rabithah PMDG.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 298 orang peserta yang terbagi ke dalam 7 kelompok; dibimbing oleh 28 orang guru yang berasal dari beberapa Instansi PMDG: ITQAN, Darussalam Pos, dan Forum Pengembangan Potensi dan Wawasan Santri (FP2WS). Dalam kesempatan ini, Al-Ustadz Hasib Amrullah, M.Ud., selaku pembimbing instansi tersebut turut hadir dan membuka kegiatan “Workshop Tulis Menulis”.

Dalam sambutannya Ustadz Hasib menyampaikan, semua peserta harus berusaha menjadi santri yang menciptakan pengetahuan melalui tulisan, tidak hanya sekedar mengonsumsi pengetahuan saja, “Keluarlah dari konsumen pengetahuan dan berubahlah menjadi produsen pengetahuan” tutur Ustadz Hasib dalam pembukaan acara “Workshop Tulis Menulis” di Aula Rabithah, Rabu (9/9) lalu.

Ada 3 materi yang diajarkan kepada seluruh peserta, pada hari Rabu (9/9) selepas pembukaan para peserta mengikuti sesi pertama dengan tema “Menulis Karya Ilmiah” dengan pendalaman materi tentang resensi buku serta menghindari plagiarism, pada hari Kamis (10/9) materi bertemakan “Menulis Karya Sastra” di dalamnya terdapat pelatihan menulis puisi, menulis deskriptif, dan mendengarkan karya tokoh sastra Nasional seperti: Cak Nun, Buya Hamka, dsb. Setelah itu, kegiatan disempurnakan dengan “Pelatihan Jurnalistik” pada hari Jum’at (11/9). Para peserta diajak untuk mengenal dunia jurnalistik dimulai dari sejarah, manfaat, penulisan berita yang aktual dan informatif, dll.

Kendati pemateri bukan berasal dari penulis buku terkenal, kegiatan “Workshop Tulis Menulis” tetap berjalan dengan lancar, para santri yang mengikuti seluruh pelatihan merasa senang dan puas dengan pengetahuan baru tentang tulis menulis, semoga dengan adanya “Workshop Tulis Menulis” ini, literasi santri bertambah, dan semangat mereka untuk menulis semakin meningkat. Rakafadel

 

Related Articles:

Motivasi menulis: Jadilah Produsen Pengetahuan Dengan Menulis!

Kembangkan Bakat Menulis, UNIDA Gontor Putri Undang Kiai Hasan Sebagai Narasumber

Kiai Hasan: Bekal Masuk Gontor Adalah Menulis Arab dan Baca Al-Qur’an

Pelatihan Khat: Tingkatkan Kualitas Tulisan Guru

Puisi Kemerdekaan Karya Santri Gontor: Merah Putih Suci

Popular Articles