Date:

Share:

Motivasi menulis: Jadilah Produsen Pengetahuan Dengan Menulis!

Related Articles

GONTOR- “Keluarlah dari konsumen pengetahuan dan berubahlah menjadi produsen pengetahuan” tutur Al-Ustadz Hasib Amrullah, M.Ud., pembimbing instansi Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) memberikan motivasi menulis dalam Pembukaan “Workshop Tulis Menulis”, Rabu (9/9) di Aula Rabithah PMDG.

Dalam ranah pengetahuan, menulis adalah puncak pengetahuan manusia, sedangkan dasarnya adalah mendengar, mendengar merupakan bentuk dasar dalam mendapatkan nutrisi pengetahuan, “Kemampuan melihat dari membaca, kalau anda masih membaca dan mendengar berarti menjadi konsumen pengetahuan, mengkonsumsi paling mudah adalah mendengar” tutur Ustadz Hasib.

Ustadz Hasib, dosen UNIDA Gontor ini, menambahkan, dengan dilaksanakannya workshop ini, diharapkan para santri mampu mengetahui tingkatan dalam menulis. “Level produksi tingkat pertama adalah dengan berbicara, anda akan tetap berbicara selama anda membaca dan mendengar, berbicara itu memproduksi pengetahuan, sedangkan menulis, menyaring apa yang sedang dipikirkan, menulis itu mengeluarkan pikiran dalam bentuk tulisan.” Tambah Ustadz Hasib.

Kemudian beliau melanjutkan, seorang penulis tidak harus menjadi penulis hebat, jadilah penulis yang mampu menyampaikan fikiran dengan baik. “Jangan pernah bermimpi untuk menjadi penulis hebat, bermimipilah untuk mudah dalam menggambarakan pikiran, gambaranmu dalam berpikir itu tergantung pada bacaanmu.

Menjadi penulis sama seperti menjadi pelukis, seorang pelukis yang baik adalah pelukis yang mampu menuangkan pikiranannya dalam bentuk lukisan, “Kalau anda masih masih melihat dan mencontoh lukisan atau tulisan maka dipertanyakan, apakah anda penulis sejati atau bukan.” Ucap Ustadz Hasib.

Sebelum menutup sambutannya, Ustadz Hasib menjelaskan rumus sederhana sebagai motivasi menulis: “Jangan menulis sesuatu yang tidak ada manfaatnya, niatkan untuk menulis setiap hari, mulailah dari hal kecil terlebuh dahulu. Tulis apa yang ada di pikiranmu dan di hatimu bukan yang lainnya, tulisalah apa yang dibicarakan dan bicaralah apa yang engkau tulis” Jelas Ustadz Hasib.

Related articles:

Workshop Tulis Menulis, Tingkatkan Literasi Santri

Kembangkan Bakat Menulis, UNIDA Gontor Putri Undang Kiai Hasan Sebagai Narasumber

Kiai Hasan: Bekal Masuk Gontor Adalah Menulis Arab dan Baca Al-Qur’an

Pelatihan Khat: Tingkatkan Kualitas Tulisan Guru

Puisi Kemerdekaan Karya Santri Gontor: Merah Putih Suci

Popular Articles