Date:

Share:

Kiai Hasan: Bekal Masuk Gontor Adalah Menulis Arab dan Baca Al-Qur’an

Related Articles

GONTOR–“Gontor belum bisa menerima calon pelajar yang sama sekali belum bisa menulis Arab dan belum bisa membaca Al Qur’an, kenapa? Seperti anak bayi yang diberi kacang oleh orangtuanya”, ujar K.H. Hasan Abdullah Sahal dalam pidatonya ketika pengumuman kelulusan calon pelajar.
Kurikulum Gontor yang hampir semua mata pelajarannya berbahasa Arab, belum sepenuhnya bisa menerima santri yang belum tahu sama sekali tulisan Arab dan belum bisa membaca Al-Qur’an. Bukan berarti Gontor tidak mau mendidik dan mengajari anak tersebut, tetapi anak tersebut yang nantinya belum tentu bisa mengikuti pelajaran yang ada di Gontor dan akhirnya melanjutkan sekolahnya di lembaga lain.
Sistem di Gontor berbeda dengan sistem di lembaga pendidikan lain, di mana tidak ada sogok-menyogok, tidak ada ujian susulan dan lain sebagainya, semua berjalan melalui proses dan disiplin yang telah ditentukan. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Satu langkah pertama menentukan seribu langah selanjutnya.
Maka diharuskan bagi kerabat, anak, cucu, dan teman anda yang ingin menimba ilmu di Gontor untuk berbekal dengan beberapa pengetahuan dasar sebelum mendaftarkan diri ke pondok, yaitu menulis Arab dan membaca Al-Qur’an. muis

Popular Articles