Date:

Share:

SKU dan SKK, Struktur dan Prosedur Pramuka di Gontor

Related Articles

DARUSSALAM– setelah selesainya kegiatan Pekan perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy yang ditutup dengan Panggung Gembira, pada hari Kamis siang (30/6) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengaktifkan kembali kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan setiap hari kamis.

Kepramukaan di Gontor merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh santri PMDG. Kegiatan ini termasuk salah satu kurikulum dalam pendidikan di PMDG. Dikarenakan kegiatan ini dapat mendidik santri dalam segi kemandirian, kedisiplinan, serta ketangkasan yang mana sangat bermanfaat bagi santri.

Suasana anggota pramuka dalam upacara pembukaan kegiatan kepramukaan di PMDG

Dimulainya kegiatan ini ditandai dengan upacara pembukaan kepramukaan yang diadakan  di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) Darussalam Gontor. Upacara dihadiri oleh Al-ustadz Suwarno TM sebagai perwakilan dari Pimpinan PMDG sekaligus menjadi Pembina dalam upacara ini. Beliau menyampaikan dalam sambutannya tentang bagaimana jadi pramuka yang baik

Al-Ustadz Suwarno TM selaku pembina upacara dalam pembukaan kepramukaan di PMDG

“jangan sampai ketinggalan SKU dan SKK karena keduanya merupakan struktur dan prosedur dalam kepramukaan. Keduanya berfungsi untuk menggali ketangkasan dan keterampilan  dalam pramuka, juga dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme yang harus dimiliki oleh seluruh peserta pramuka. Maka lihatlah, rasakanlah, dan pikirlah yang benar apa yang ada dalam kepramukaan di Gontor,” ujar beliau dalam sambutannya.

Setelah upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Tengko disiplin kepramukaan oleh Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS) yang diadakan di tempat sesuai dengan Gugus Depan (GUDEP) nya masing-masing. Sekaligus dibacakannya absen wajib bagi para peserta pramuka sesuai dengan gudep yang sudah ditentukan.ayusMsofi

Artikel Terkait :

Kegiatan Kepramukaan Semester Kedua Di Gontor Diaktifkan

KMD 2022 Cetak Pembina Pramuka Berkualitas

Bekali Calon Pembina Pramuka, Gontor Adakan Orientasi

Popular Articles