Date:

Share:

Kegiatan Kepramukaan Semester Kedua Di Gontor Diaktifkan

Related Articles

DARUSSALAM – Setelah berakhirnya rentetan kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-’Arsy (PPKA), pada hari Kamis (17/12) kegiatan kepramukaan semester kedua di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) diaktifkan. Upacara Pembukaan Acara kegiatan kepramukaan ini dihadiri oleh Al-Ustadz Hasan Muttaqin, S.Th.I., Dewan guru Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dari Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan seluruh santri PMDG.

Kegiatan ini diadakan di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) yang dimulai pada pukul 14:10 WIB. Al-Ustadz Hasan Muttaqin, S.Th.I., selaku yang mewakili Bapak Pimpinan PMDG menyampaikan tentang arti kata kepramukaan, bahwa ia berasal dari singkatan Praja Muda Karana yang artinya praja rakyat muda yang berkarya. Beliau juga menyampaikan bahwa dahulu pramuka berasal dari kepanduan-kepanduan yang bergerak di negeri kita. Mereka dibentuk untuk mengusir penjajah dan penjajahan, sehingga gerakan ini menjadi sorotan yang sangat penting sekali. Beliau juga menambahkan bahwa pada saat ini kita dapatkan di luar lembaga-lembaga pendidikan dari tingkat SD sampai ke atas yang di mana di sana terdapat kegiatan kepramukaan yang tidak mewajibkan murid-muridnya hanya sebagai ekstrakurikuler .

“Di masa pandemi kita dituntut untuk siap dalam berbagai macam hal, maka pramuka di sini juga mempersiapkan diri kita semuanya untuk mampu menghadapi setiap kondisi apa pun. Karena pramuka mengajarkan keterampilan hidup, yang dengannya kita bisa survive di manapun kita berada dan bagaimanapun keadaannya. Sedemikian pula PMDG tidak hanya mendidik keilmuan saja, namun mendidik totalitas kehidupan yang mana jiwa totalitas kehidupan ini ada di dalam pramuka.” Ujar beliau dalam pidatonya.

Kemudian acara di lanjutkan pembacaan surat keputusan aktifnya kembali kegiatan kepramukaan di PMDG, sebelum kemudian upacara ditutup dan dibubarkan. Acara lalu beralih kepada pembacaan Teng Komando (Tengko) disiplin pramuka yang pelaksanaannya dibagi sesuai Gugus Depan (Gudep) nya masing-masing pada tempat yang sudah ditentukan. Ad-dieen.

Related Articles:

Lomba Tingkat (LT) Mengasah Skil Kepramukaan Santri

Mendekati Masa Ujian, Kegiatan Kepramukaan di PMDG Resmi Ditutup

Bekali Calon Pembina Pramuka, Gontor Adakan Orientasi

Popular Articles