Date:

Share:

Bekali Calon Pembina Pramuka, Gontor Adakan Orientasi

Related Articles

DARUSSALAM–Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh santri yang diadakan setiap hari Kamis di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter, melatih jiwa kepemimpinan, dan tanggung jawab, serta meningkatkan kreatifitas santri dengan tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman. Semboyan yang sering digaungkan adalah, “We Are Scout, But We Are Moslem”.

Dalam rangka mendidik para pembina, PMDG menggelar acara ‘Orientasi Pembina Pramuka’ selama empat hari berturut-turut mulai hari Sabtu hingga Selasa, 25-28 Juli 2020 di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara ini merupakan kegiatan baru di PMDG sebagai pengganti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang akan dilaksanakan pada semester kedua mendatang.

Di dalam orientasi tersebut kelas 5 dididik agar menjadi pembina yang baik dan dapat memberikan contoh kepada para adika se-Darussalam. Para pembina diajarkan berbagai kecakapan mulai dari cara berpakaian Pramuka yang benar, mengikat pioneering, membaca morse, menghafal Dasa Dharma dan Tri Satya dalam tiga Bahasa, hingga kegiatan outdoor seperti perkemahan dan Jamboree.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 KMI yang berjumlah 720 orang, dibawah bimbingan Koordinator Gerakan Pramuka, adapun yang menjadi pembicara dalam acara ini adalah Al-Ustadz Sunarto, S.Ag. selaku Pelatih, Kak Muhammad Faris dari Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori), dan Kak Charis Maulana dari Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus).

Semoga dengan acara ini para pembina dapat menjadi pembina yang baik dan menjadi contoh bagi adika-adikanya, dan semoga kepramukaan di PMDG lebih maju dan mencetak pemimpin-pemimpin bangsa di masa yang akan datang. hafidhrafi

Popular Articles