Date:

Share:

Pergantian Pengurus Gugus Depan dan Asisten Koordinator, Kesempatan Adika Pramuka Belajar Organisasi

Related Articles

DARUSSALAM- Tidak hanya bergantung kepada Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) saja, PMDG juga memiliki media lain untuk melatih santrinya perihal berorganisasi. Salah satu contohnya adalah kepengurusan dalam organisasi kepramukaan di Gugus Depan 15.089 dan Asisten Koordinator Gerakan Pramuka. Keduanya baru-baru ini mengadakan pergantian pengurus guna memberi kesempatan berorganisasi kepada generasi yang selanjutnya.

Kepengurusan pada dua organisasi tersebut pada mulanya diamanatkan kepada adika penegak dari siswa kelas 3 intensif dan kelas 4 KMI, yang sudah menjalankan keorganisasian selama kurang lebih satu tahun. Setelah usai masa tugas mereka, kini kepengurusan diserahtugaskan kepada adika penggalang dari siswa kelas 3 KMI untuk meneruskan estafet keorganisasian. Secara umum, kepengurusan dalam organisasi Gugus Depan dan Asisten Koordinator terbagi ke dalam 6 bagian; yaitu ketua, Andalan Gugus Depan Urusan Kesekretariatan (Anduset), Andalan Gugus Depan Urusan Keuangan (Anduang), Andalan Gugus Depan Urusan Latihan (Andulat), Andalan Gugus Depan Urusan Perlengkapan (Anduperkap), dan Andalan Gugus Depan Urusan Kesenian (Andukasi).

 

Suasana pergantian pengurus Gugus Depan 15.089.

Kepengurusan Gugus Depan 15.089 di PMDG terbagi ke dalam 12 POT, mulai dari Gugus Depan 15.089-01 sampai dengan 15.089-23. Pergantian pengurus Gugus Depan diadakan pada hari Kamis (8/12) pukul 14.00 WIB di 12 tempat yang berbeda. Sedangkan pergantian pengurus Asisten Koordinator yaitu Dewan Kerja Koordinator (DKK), Pasukan Garuda (Pasga), Asisten Koordinator Urusan Perpustakaan (Ankstak), dan Asisten Koordinator Andalan Marching Band (Ascodama) diadakan keesokan harinya pada Jum’at (9/12) pukul 09.00 WIB yang tersebar di 4 lokasi di sekitar area kampus PMDG. Regenerasi kepengurusan dari dua keorganisasian tersebut sengaja diadakan di waktu yang berbeda, mengingat banyaknya tempat dan fasilitas yang dibutuhkan dalam mengadakan acara pergantian pengurus tersebut.

Dengan pergantian pengurus yang diadakan, diharapkan dapat memberi kesempatan kepada para santri khususnya yang berkecimpung di kegiatan pramuka untuk belajar berorganisasi. Sehingga dengan demikian, mereka tidak hanya terampil di bidang Pramuka saja, namun juga menguasai hal-hal berguna lainnya khususnya dalam hal berorganisasi, guna melahirkan generasi yang akan menjadi pemimpin umat di masa yang akan datang.

(Berita: Mahadi, Foto: Rayza, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Related Articles:

Kegiatan Kepramukaan Di PMDG Kembali Dimulai

SKU dan SKK, Struktur dan Prosedur Pramuka di Gontor

Orientasi dan Gladi Tangguh Pengurus Baru Koordinator Gerakan Pramuka Perkuat Jiwa Kebersamaan

Popular Articles