Date:

Share:

Musyawarah Gugus Depan Ajarkan Ambalan Cara Berorganisasi

Related Articles

DARUSSALAM- Pada Hari Kamis (19/1), Majelis Pembimbing Koordinator Harian (MABIKORI) menyelenggarakan agenda tahunan kepramukaan yaitu Musyawarah Gugus Depan (Mugus). Mugus merupakan musyawarah kerja organisasi kepramukaan di PMDG yang melibatkan pramuka penegak ambalan, atau setara dengan siswa kelas 3 Intensif dan kelas 4 KMI yang akan menjadi pembina pramuka di tahun yang akan datang. Tujuan dari diadakannya Mugus ialah untuk membahas semua program kerja Gerakan Pramuka Gugus Depan 15089 beserta ketetapan-ketetapan yang harus ditaati oleh para pembina Gugus Depan dalam satu tahun ke depan.

Mugus

Musyawarah terdiri dari tiga sesi sidang, yang dilakukan di waktu dan tempat yang berbeda. Yang pertama adalah sidang Pleno pada hari Kamis (19/1) di Aula Pertemuan Gedung Rabithah, kemudian sidang Komisi pada Jum’at (20/1) pagi di kelas-kelas gedung Rabithah, dan diakhiri dengan sidang Paripurna pada sore harinya di Aula Gedung Rabithah.

Pada sidang Pleno, pengurus Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) akan membacakan Anggaran Dasar yang sudah direvisi pada Mugus sebelumnya, kemudian para peserta mengajukan penambahan ayat, pengubahan redaksi, atau penghapusan ayat dan pasal dalam secarik kertas yang sudah disiapkan oleh panitia.

Mugus

Mugus

Setelah itu, pada sidang Komisi diadakan pembahasan terkait pengajuan ataupun pengurangan hasil dari sidang Pleno sebelumnya. Barulah kemudian pada sesi terakhir yaitu sidang Paripurna, semua ajuan dimusyawarahkan oleh seluruh peserta Mugus dipimpin oleh Ketua Sidang. Hasil dari sidang Paripurna inilah yang nantinya akan menjadi revisi Anggaran Dasar ataupun ketetapan dari Mugus periode 2022/2023 atau 1443/1444.

Melalui acara ini, para Ambalan akan belajar berorganisasi dalam bidang kepramukaan dengan baik dan benar. Selain itu, mereka juga belajar untuk mendengar pendapat serta masukan dari orang lain, serta selalu mengambil cara musyawarah dalam menetapkan sebuah keputusan.  Dan semoga ketetapan hasil musyawarah kerja gugus depan yang telah disepakati tahun ini dapat memperbaiki kekurangan hasil musyawarah tahun lalu, sehingga program kerja yang akan datang dapat menjadi lebih baik lagi dan senantiasa sesuai dengan perkembangan yang ada.

(Berita: Mahadi, Fotografer: Qoid, Editor: Husain, Reviewer: Riza Ashari)

 

Related Articles:

PPL Bukti Ambalan Pramuka Harus Kreatif dan Inovatif

Pergantian Pengurus Gugus Depan dan Asisten Koordinator, Kesempatan Adika Pramuka Belajar Organisasi

Estafet Kepengurusan Organisasi, PMDG Adakan Regenerasi Pengurus OPPM dan KGP

Popular Articles