Date:

Share:

PPL Bukti Ambalan Pramuka Harus Kreatif dan Inovatif

Related Articles

DARUSSALAM- Sebelum menjadi Pembina Pramuka di kelas 5 nanti, para santri kelas 3 Intensif dan kelas 4 harus terlebih dahulu menjadi Ambalan Pramuka Penegak. Mereka berada di bawah bimbingan langsung Pengurus Koordinator untuk dilatih, dibina, dan dipersiapkan menjadi Pembina Pramuka. Banyak hal yang diajarkan kepada mereka selama menjadi Ambalan Penegak; baik hal-hal yang dapat memupuk kebersamaan, melatih kedewasaan, sampai melahirkan kreativitas dan inovasi dalam berkarya. Salah satu kegiatan Ambalan yang paling ikonik adalah Praktik Pengayaan Lapangan (PPL).

PPL merupakan momen bagi para Ambalan Penegak untuk menuangkan kreativitas mereka ke dalam sebuah hasta karya. Selain melatih kreativitas, PPL juga secara tidak langsung melatih mental dan kepercayaan diri Ambalan Penegak untuk berdiri dan berbicara di hadapan publik. Sebab selain membuat hasta karya, mereka juga akan mempresentasikan dan mendemonstrasikan cara membuatnya di depan para Adika Pramuka.

Salah satu Ambalan tengah mendemonstrasikan hasta karyanya di depan Adika Pramuka.

Kegiatan PPL akan berlangsung selama tiga pekan, dimulai dengan PPL perdana pada hari Kamis (29/12), dilanjutkan dengan PPL gelombang pertama pada hari Kamis berikutnya (5/1), dan ditutup dengan gelombang kedua pada hari Kamis setelahnya (12/1). Di masing-masing gelombang, tiap-tiap Ambalan akan menghampiri Adika Pramuka di regu yang telah ditentukan. Nantinya mereka akan mendapat penilaian dari Pembina Pramuka di regu tersebut, mulai dari hasta karyanya, cara presentasinya, dan faktor-faktor lainnya.

Adapun untuk Ambalan yang dipilih untuk mengadakan PPL Perdana, ada beberapa perbedaan dengan PPL pada gelombang pertama dan kedua, di mana mereka harus mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan segenap anggota di tiap Gugus Depan. Artinya, ada lebih banyak Adika Pramuka yang hadir menyaksikan demonstrasi mereka. Selain itu, mereka juga akan dinilai langsung oleh Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS), sehingga menuntut mereka untuk lebih maksimal mempersiapkan diri dalam menjalankan PPL tersebut.

Antusiasme Adika Pramuka dalam memperhatikan Ambalan yang sedang melaksanakan PPL.

Diadakannya PPL ini menjadi bukti bahwa seorang Ambalan harus memiliki inovasi serta kreativitas yang tinggi. Adanya PPL juga diharap dapat menjadi wadah bagi para Ambalan untuk berlatih memantapkan kepercayaan diri sebelum mereka benar-benar terjun langsung ke Adika ketika menjadi Pembina Pramuka nantinya.

(Berita: Mahadi, Foto: Diaz, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Artikel Terkait:

PPL Tingkatkan Kreativitas Ambalan Khusus

PPL Perdana Sukses

PPL: Gontor Cetak Kader Penuh Kreasi

Popular Articles