Date:

Share:

Estafet Kepengurusan Organisasi, PMDG Adakan Regenerasi Pengurus OPPM dan KGP

Related Articles

DARUSSALAM – Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) merupakan dua organisasi santri terbesar di PMDG. Para santri yang menjadi pengurus di kedua organisasi tersebut mendapatkan kesempatan berharga untuk menimba ilmu keorganisasian selama masa tugas satu tahun, dengan menjalankan perannya sesuai pembagian tugas masing-masing.

Setelah satu tahun lamanya mengemban amanat yang suci sebagai pembantu Pimpinan PMDG dalam menjalankan organisasi, para pengurus OPPM dan KGP melaporkan seluruh hasil kerjanya sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada segenap keluarga besar PMDG. Laporan tersebut sekaligus menandakan purna tugas mereka, untuk melangsungkan regenerasi kepengurusan serta memberikan kesempatan kepada generasi berikutnya mengenyam pendidikan keorganisasian. Sunnah yang sudah dijalankan sejak dulu ini sesuai dengan salah satu falsafah berorganisasi di PMDG, yaitu “Patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh sebelum hilang sudah berganti.”

Pesan dan nasehat dari Pimpinan PMDG pada Pergantian Pengurus OPPM & KGP.

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang dilanjut dengan serah terima amanat dari pengurus lama ke pengurus baru OPPM dan KGP berlangsung selama 3 hari, mulai dari Ahad (27/11) sampai dengan Selasa (29/11). Kegiatan yang dilasanakan di BPPM itu dihadiri oleh berbagai elemen, mulai dari Pimpinan PMDG, Direktur KMI, ketua-ketua lembaga, para guru, serta segenap santri PMDG. Selama rentetan acara berlangsung, seluruh hadirin menyaksikan dengan saksama bagaimana para pengurus organisasi mempertanggungjawabkan amanatnya sebagaimana tertuang ke dalam LPJ yang dibacakan.

Tidak lupa, setiap setelah pembacaan hasil laporan para pengurus dievaluasi langsung serta diarahkan kepada yang seharusnya. Hal ini dimaksudkan supaya menjadi perbaikan bagi mereka serta sebagai pembelajaran bagi seluruh warga organisasi, yang nantinya akan meneruskan estafet kepengurusan tersebut di tahun-tahun mendatang.

Pelantikan pengurus baru Koordinator Gerakan Pramuka 15.089.

OPPM merupakan organisasi yang mengatur keseharian di luar kelas bagi para santri kelas 1-4 KMI, dengan dibantu oleh siswa kelas 5 KMI yang menjadi pengurus di rayon masing-masing. OPPM sendiri terbagi ke dalam 21 bagian yang memiliki tugasnya masing-masing; baik itu yang berkaitan dengan disiplin, kegiatan ekstrakurikuler, serta beberapa pelayanan lainnya. Adapun KGP yang dikhususkan untuk mengkoordinir kegiatan kepanduan dan kepramukaan terbagi ke dalam 8 bagian, yang semua aktivitasnya dipusatkan di gedung 17 Agustus.

(Berita: Husain, Foto: Nahid, Rayza, Review: Riza Ashari).

Artikel Terkait:

Pengurus OPPM dan KGP Laporkan Hasil Usaha

LPJ OPPM Dan KGP: Pengurus Baru Resmi Dilantik

Pembacaan Hasil Musyawarah Kerja OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka Latih Keorganisasian Santri

Popular Articles