Date:

Share:

Meningkatkan Kualitas Belajar dengan Pelajaran Sore dan Latihan Pidato

Related Articles

DARUSSALAM – Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) selalu mengutamakan pendidikan, karena pendidikan mencakup luas meliputi seluruh aspek kegiatan santri. Meski demikian pondok tetap tidak lupa untuk memperhatikan pengajaran kepada para santri, di antaranya dengan mengadakan kegiatan pelajaran sore. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut dan meningkatkan kualitas belajar, pondok mengadakan acara pengarahan pelajaran sore dan pengawas latihan pidato pada hari Rabu (2/12) Malam.

Acara tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas 6 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dan beberapa dewan guru. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Al-Ustadz Sabar, S.Ag., kemudian dilanjutkan oleh Al-Ustadz Hakam Ar-Rosyada, M.Pd.I. yang menyampaikan sambutan serta pengarahan terkait pelajaran sore.

Beliau menjelaskan bahwa pada akhir tahun ini para pengajar harus lebih bersungguh-sungguh kembali dalam meningkatkan kualitas belajar, dan lebih memperbarui niat agar setiap pekerjaan yang dilakukan berlandaskan niat lillah dan sungguh-sungguh.“Sejatinya mengajar adalah belajar, karena dengan mengajar sesungguhnya kita sedang belajar untuk mengetahui hal yang tidak kita ketahui sebelumnya. Belajar merupakan proses perubahan akhlak, oleh karena itu hasil belajar santri dapat kita ketahui dari perubahan tingkah lakunya.” terang beliau.

Selanjutnya diteruskan oleh Al-Ustadz Jumhurul Umami, M.Cs. yang menjelaskan terkait dengan pengarahan pengawas latihan pidato. Beliau menyampaikan beberapa peraturan mengenai pengawasan latihan pidato, di antaranya adalah seluruh pengawas agar mengenakan seragam resmi, membawa Mu’jam dengan menyesuaikan jadwal berbahasa pada pekan itu, dan menunjukkan contoh berpidato yang baik kepada para santri, khususnya bagi yang belum piawai berpidato.

Acara kemudian diakhiri oleh Al-Ustadz Sabar, S.Ag. yang menyampaikan intisari perkumpulan pada malam hari itu, bahwa para pengajar dan pengawas harus lebih memantapkan diri serta memperbarui niat kembali, karena pelajaran sore dan latihan pidato adalah kegiatan yang sangat penting untuk masa depan para santri nantinya. Beliau lalu memimpin doa bersama, sebelum acara kemudian ditutup pada pukul 21.30 WIB. Adapun siswa kelas 6 KMI menetap setelah usai perkumpulan untuk pembagian jadwal mengajar pelajaran sore dan jadwal mengawas latihan pidato. Ad-Dieen.

Related Articles:

Public Speaking Contest: Cetak Kader Pemimpin Umat Berjiwa Besar dan Bermental Baja

Public Speaking Contest : Tingkatkan Mentalitas Santri Dalam Berpidato

Public Speaking Contest: Ajang Santri Beraksi dalam Pidato

Popular Articles