Date:

Share:

Public Speaking Contest: Ajang Santri Beraksi dalam Pidato

Related Articles

Penampilan Salah Satu Peserta PSC
Penampilan Salah Satu Peserta PSC

Gontor-Public Speaking Contest (PSC) adalah lomba pidato antarsantri dari kelas 1 sampai kelas 4 KMI yang diadakan setahun dua kali. PSC yang pertama diselenggarakan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dan yang kedua dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Acara ini dilaksanakan pada Kamis (5/1) untuk Bahasa Indonesia dan Ahad (8/1) untuk Bahasa Arab dan Inggris. Bertempat di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), dibuka oleh Al-Ustadz H. Taufiqurrahman, S.Ag. dan Al-Ustadz Dr. H. Badrun Syahir, M.A. Acara ini bertujuan untuk mencetak santri-santri yang berani berpidato di depan khalayak ramai dengan bahasa yang baik, sopan, dan tetap menjaga akhlak islami.

Para peserta lomba pidato ini harus mengikuti dua kali seleksi. Seleksi pertama diadakan di PSC Zone (awal tahun). Setelah lolos diseleksi kembali oleh asatidz Jami’yyatul Khutoba (JMK). Tidak hanya itu, peserta diwajibkan membuat persiapan pidato dalam kertas folio 2 lembar full dan dilaporkan ke 4 pembimbing: wali kelas, staf Pengasuhan Santri, staf PUSDAC, dan Bag. Pengajaran. Membuat peserta mempunyai persiapan yang sangat matang sebelum tampil di BPPM.

Kali ini Panitia PSC memberikan warna baru bagi acara perlombaan di BPPM. Setiap pembicara ditake video untuk menginfokan identitas diri dan motivasi apa yang membuat mereka mengikuti lomba ini. Video ini diputar sesaat sebelum pembicara maju ke mimbar. Ketika pembicara berjalan dari belakang peserta menuju panggung panitia mengiringinya dengan instrumen pembuka. Dan juga Background panggung acara ini dipenuhi dengan variasi lampu yang indah, membuat background panggung sangat hidup dan membuat pembicara lebih percaya diri. AaRum

Popular Articles