Date:

Share:

Ujian Akhir Gelombang Pertama Siswa Akhir KMI Virtuous Generation Resmi Dimulai

Related Articles

DARUSSALAM – Ujian akhir siswa kelas 6 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) gelombang pertama resmi dibuka pada pada hari ini, Ahad (08/11) pagi. Pembukaan tersebut dihadiri oleh Bapak-bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Bapak Direktur KMI beserta wakilnya, dewan guru KMI pengawas ujian, serta seluruh siswa kelas 6 KMI.

 

Pembukaan dimulai tepat pukul 06.05 WIB, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) PMDG. Dalam pembukaan tersebut, Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. mewakili Bapak-bapak Pimpinan berkesempatan menyampaikan sambutannya berkenaan dengan ujian akhir. Beliau menekankan bahwa ujian akhir adalah syarat penting bagi seorang santri Gontor untuk bisa lulus secara baik. “Masa depan kalian itu ada di tangan kalian, di dalam ujian ini. Maka jangan sampai asal; yang penting masuk dan cepat keluar. Harus bil jiddi wal ijtihad.” Terang beliau. Bahkan beliau menyampaikan nasehat agar santri kelas 6 tidak hanya lulus menjadi alumni secara akademis, tapi juga husnul khatimah.

 

Sambutan berikutnya dilanjutkan oleh Al-Ustadz H. Masyhudi Subari, M.A. selaku Bapak Direktur KMI. Beliau sedikit menjelaskan kembali beberapa ketentuan disiplin berjalannya ujian gelombang pertama, serta menekankan apa yang disampaikan oleh Bapak Pimpinan PMDG. “Apa yang Bapak Pimpinan sampaikan adalah asas untuk kesuksesan antum dalam ujian ini. al-imtihan alladzi sayuqarriru mashirakum fi-l-mustaqbal (ujian yang akan menjadi titik tolak penentu masa depan kalian).” Begitulah bunyi salah satu poin dari pidato yang beliau sampaikan.

 

Ujian akhir KMI gelombang pertama berlangsung selama 6 hari, dimulai dari hari Ahad (08/11) hingga hari Sabtu (14/11) yang akan datang. Jumlah materi yang diujikan dalam ujian tulis gelombang pertama adalah sebanyak 12 materi, dengan 2 materi yang diujikan setiap harinya. Jumlah seluruh peserta ujian akhir gelombang pertama pada semua kampus putra dan putri adalah 3407 siswa-siswi. Adapun di PMDG kampus pusat, jumlah seluruh kelas 6 yang mengikuti ujian adalah sebanyak 716 siswa, yang dibagi ke dalam ruangan-ruangan di gedung Sudan dan GOR dan melibatkan pengawas ujian dari dewan guru KMI sebanyak 196 guru.

 

 

Related Articles:

Diskusi Umum Siswa Kelas 6 Usung Tema “Adab dan Akhlaq”

Suasana Ujian Tulis Siswa Akhir KMI 62020 Gelombang Kedua

Popular Articles