Date:

Share:

Suasana Ujian Tulis Siswa Akhir KMI 62020 Gelombang Kedua

Related Articles

GONTOR – Kamis (20/02/2020) pagi, dimulailah babak baru ujian siswa akhir KMI Prominent Generation, yaitu ujian tulis gelombang kedua. Ujian yang bisa dikatakan paling memforsir banyak tenaga dan fikiran. Betapa tidak, santri kelas 6 harus membaca, memahami, dan menghafalkan seluruh materi dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada tiap pelajarannya.

Memang jika hanya memikirkannya saja, akan terasa begitu berat. Tapi mereka menjalaninya dengan penuh semangat, karena ada teman-teman yang merangkulnya, dan guru-guru yang senantiasa menemaninya, sembari percaya bahwa begitu banyak orang lain di luar sana yang mendoakannya.

Dunia adalah tempat ujian.
“Dialah yang menciptakan mati dan hidup, supaya menguji kamu, siapakah diantara kalian yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Q.S. Al-Mulk: 2)

Sesungguhnya dunia ini memanglah tempat untuk ujian, tempat lelah, serta tempat berbagai kesulitan dan masalah. Allah menguji hambaNya, siapakah diantara mereka yang paling baik amalnya. Orang kaya diuji dengan hartanya, orang pandai diuji dengan ilmunya. Begitu pula di pesantren, para penuntut ilmu diuji atas penguasaannya terhadap ilmu yang telah diajarkan. Mereka diuji, siapakah diantara mereka yang baik persiapannya, sungguh-sungguh belajarnya, serta kuat tirakatnya. Karena sejatinya dengan ujian ini, Allah akan menaikkan derajat hambaNya.

Ya Allah… Jadikanlah kami, santri-santri yang dapat menguasai ilmu-ilmu agama, bahasa, dan umum ini sehingga mampu berdiri kokoh dalam menegakkan kalimat-Mu. Allahumma Aamiin…

Popular Articles