Date:

Share:

Diskusi Umum Siswa Kelas 6 Usung Tema “Adab dan Akhlaq”

Related Articles

DARUSSALAM– Sebagai sarana memperluas wawasan santri, kegiatan diskusi merupakan kegiatan yang menjadi wajib bagi seluruh siswa Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) kelas 5 dan 6.  Dan mengawali kegiatan diskusi mingguan yang akan berjalan secara rutin setiap hari Kamis malam tersebut, mereka terlebih dahulu mengikuti acara diskusi umum yang diadakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Kegiatan diskusi umum bertujuan untuk menjadikan contoh kepada seluruh siswa kelas 5 dan 6 KMI tentang bagaimana menjadi pemakalah yang baik serta ideal. “Diskusi Umum menjadi barometer untuk seluruh siswa kelas 5 dan 6, agar ketika diskusi mingguan sudah berjalan nanti mereka sudah memiliki gambaran terkait bagaimana seharusnya kegiatan diskusi berjalan.” Jelas Al-Ustadz Raka Fadel Devarsa Pahlawan, S.Ag. selaku pembimbing FP2WS sekaligus pembimbing kegiatan diskusi umum.

Setelah diskusi umum siswa kelas 5 yang diadakan pada hari Ahad (9/7) lalu, kemudian diikuti dengan diskusi umum siswa kelas 6 pada hari Senin (10/7) malam. Diskusi tersebut mengusung tema “Adab dan Akhlaq Dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia”, di mana pemakalah menerangkan tentang bagaimana konsep adab dan akhlaq menurut para ilmuwan muslim, serta bagaimana pengaruhnya dalam membangun SDM yang berkualitas. Adapun yang bertugas sebagai pemakalah adalah Muhammad Arham Ash-Shiddiqiy kelas 6-D serta Aulia Ghazisa Indraputra kelas 6-N.

Setelah kegiatan diskusi berjalan, acara malam itu juga diikuti dengan evaluasi serta pengarahan dari pembimbing diskusi yaitu Al-Ustadz Saidil Yusron, Lc. M.A. yang sekaligus mewakili Bapak Pimpinan PMDG. Dalam pengarahan tersebut, beliau menekankan bahwa sebagai calon alumni yang akan disebar ke berbagai daerah di Indonesia, siswa kelas 6 haruslah membekali dirinya dengan banyak membaca. “Orang yang rajin membaca, pasti ia akan mudah dalam menulis. Dan orang yang pintar menulis, tentu akan lebih pandai dalam berbicara.” Begitulah tegas beliau.

Popular Articles