Date:

Share:

Tingkatkan Kecakapan Siswa Kelas 5 Dalam Berorasi Dengan PSC

Related Articles

DARUSSALAM – Setelah sebelumnya Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan kontes pidato untuk siswa KMI kelas 1 sampai dengan 4, kali ini PMDG kembali mengadakan perlombaan pidato yang berbeda dengan sebelumnya. Dikatakan berbeda karena pada perlombaan pidato kali ini dikhususkan untuk siswa kelas 5 KMI. Tidak hanya pesertanya saja; baik itu panitia yang mempersiapkan acara ini, bahkan seluruh penonton yang hadir adalah siswa kelas 5 KMI.

Public Speaking Contest (PSC) siswa kelas 5 KMI diadakan pada hari Ahad (20/11) di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara dimulai pada pukul 20.15 WIB, diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an Karim disusul dengan sambutan dari Al-Ustadz Risvi Syarif, S.T. mewakili Pimpinan PMDG sekaligus membuka secara resmi acara tersebut.

Pembukaan PSC Kelas 5 oleh Al-Ustadz Risvi Syarif, S.T..

Setelah resmi dibuka, para peserta yang berjumlah sebanyak 8 orang saling bergantian berdiri di podium membawakan pidato yang telah mereka siapkan dengan bahasa yang mereka pilih masing-masing. Adapun nama-nama peserta PSC kelas 5 dengan bahasa yang mereka bawakan adalah sebagai berikut:

  1. Ardhan Wibisono (Bahasa Inggris)
  2. Aiman Al Mazieni (Bahasa Inggris)
  3. Raditya Revaya (Bahasa Inggris)
  4. Agastya Maula (Bahasa Inggris)
  5. Ryan Hafizh (Bahasa Arab)
  6. Zulfa Arsyandi  (Bahasa Arab)
  7. Muhammad Fauzan (Bahasa Arab)
  8. Srikuntoro Jihwaniti (Bahasa Arab)
Penampilan peserta PSC kelas 5.

Setelah menyaksikan penampilan pidato yang telah disuguhkan oleh setiap peserta, para dewan juri diberi kesempatan untuk menilai dan mendiskusikan nilai tersebut untuk mengetahui siapa yang layak keluar sebagai pemenang pada kontes tersebut. Adapun yang keluar sebagai pemenang berdasarkan  hasil penilaian juri adalah sebagai berikut:

Kategori Nominasi Pemenang Kelas Daerah
Bahasa Inggris Juara I Ardhan Wibisono 5-D Kalimantan
Juara II Aiman Al Mazieni 5-B Madura
Juara III Raditya Revaya 5-I Sidoarjo
Juara IV Agastya Maula 5-C DKI Jakarta
 Bahasa Arab Juara I Ryan Hafizh 5-C Riau
Juara II Zulfa Arsyandi 5-C Yogyakarta
Juara III Muhammad Fauzan 5-L Lampung
Juara IV Srikuntoro Jihwaniti 5-C Yogyakarta
Penyerahan piala dan sertifikat kepada pemenang PSC kelas 5.

Adanya kegiatan PSC sangatlah berguna dalam  pembentukan mental dan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas 5 sendiri. Pasalnya, siswa kelas 5 KMI merupakan pengurus dari berbagai sektor yang ada di pondok; mulai dari rayon, klub, kursus, sampai dengan konsulat. Bahkan, tak lama lagi mereka akan menggantikan siswa akhir KMI dalam kepengurusan Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordiantor Gerakan Pramuka. Maka dari itu, diperlukan kepiawaian dari siswa kelas 5 dalam hal berorasi guna menjadi pengurus yang baik yang patut dicontoh adik-adik kelasnya, sekaligus menjadi pemimpin yang berguna di masa yang akan datang.

(Berita: Mahadi, Foto: Nahid, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Related Articles:

Pengarahan dan Pembagian Jadwal Pengajar Pelajaran Sore dan Pengawas Latihan Pidato Untuk Siswa Kelas 5 KMI

Public Speaking Contest : Tingkatkan Mentalitas Santri Dalam Berpidato

Tumbuhkan Motivasi dan Bakat Berpidato, PMDG Selenggarakan Lomba Pidato 2 Bahasa

Popular Articles