Date:

Share:

PPL Perdana Sukses

Related Articles

GONTOR—Sebagai lembaga pendidikan, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) sangat memperhatikan pembentukan mental dan kepribadian santrinya. Salah satu sarana untuk membentuk mental kepemimpinan yang baik, PMDG mewajibkan seluruh santri untuk aktif dalam kegiatan Pramuka. Kegiatan Pramuka di Gontor diatur dan dibina langsung oleh santri senior kelas 5 dan 6 KMI dengan jumlah yang cukup banyak. Hal ini menjadikan kegiatan wajib kepramukaan berjalan dengan tertib dan penuh pengawasan.

Menjadi rutinitas tahunan, siswa kelas 3 Intensif dan kelas 4 mempunyai tugas akhir sebagai adika (anggota Pramuka), sebelum mereka menjadi pembina di tahun depan. Tugas itu adalah melaksanakan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL). Prakteknya berupa pembuatan kreasi/karya yang bermanfaat dengan biaya murah dan cara yang mudah.

Sebelum seluruh adika dari kelas 3 Intensif dan kelas 4 melaksanakan PPL, diadakan percontohan dari beberapa adika yang dipilih oleh bagian Koordinator Gerakan Pramuka. Kegiatan itu disebut PPL Perdana, yang pada tahun ini dilaksanakan pada hari Kamis (7/2). Adika yang dipilih untuk melaksanakan PPL Perdana merupakan siswa kelas 3 Intensif dan kelas 4 yang dianggap memiliki kemampuan yang baik dalam pembuatan kreasi/karya dan juga mampu mempresentasikannya.

Ada 24 adika yang terpilih tahun ini. Mereka dibagi menjadi 12 kelompok, untuk memaparkan/mempresentasikan hasil karyanya di depan seluruh adika dan pembina. Beberapa kreasi yang dipaparkan antara lain replika Kapal Tempur, replika Pesawat Terbang, dll. Hasil karya dan presentasi dari setiap peserta juga dinilai oleh tim dari pembina. Apabila dinyatakan lulus, maka ia berhak untuk mengikuti Musyawarah Gugus Depan dan Ambalan Gembira. Jika belum lulus, maka yang bersangkutan diberi kesempatan untuk mengulangi prakteknya dan kembali mempresentasikan hasil karyanya di depan para pembina.brada

Popular Articles