Date:

Share:

Hidupkan Bilingual Environment dengan Lomba Debat Dwi Bahasa

Related Articles

DARUSSALAM- Dalam rangka peningkatan kualitas bahasa santri, Language Advisory Council (LAC) selaku dewan pembimbing kegiatan bahasa para santri mengadakan perlombaan Debat Dwi Bahasa. Dinamakan demikian karena perlombaan ini tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagaimana umumnya, namun menggunakan dua bahasa internasional yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Perlombaan tersebut berlangsung pada hari Jum’at (30/12) pagi, yang diikuti oleh peserta dari dua kampus yaitu PMDG Kampus Pusat dan PMDG Kampus 2. Mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, sebanyak tiga perlombaan yang diadakan meliputi: lomba debat bahasa Arab, lomba debat bahasa Inggris, serta kuis dua bahasa. Masing-masing perlombaan diadakan di tiga tempat yang berbeda, yaitu: taman baca Perpustakaan OPPM, laboratorium bahasa, dan Head Office Language Course Department (LCD).

Peserta Debat Dwi Bahasa dari PMDG Kampus Pusat.

Dalam perlombaan tersebut, PMDG Kampus 2 berhasil menjadi juara di masing-masing perlombaan dan keluar sebagai juara umum dari perlombaan debat tersebut. Dengan diadakannya lomba debat berbahasa asing tersebut, para santri diharapkan menjadi lebih tertarik untung saling bersaing dan berlomba-lomba dalam meningkatkan kepiawaian mereka di bidang bahasa.

Perlombaan debat antar kampus kali ini juga menjadi batu loncatan untuk mengadakan perlombaan yang lebih baik lagi ke depannya, terkhususnya untuk perlombaan di bidang bahasa. Sehingga dengan demikian, diharapkan mampu menghidupkan lingkungan berbahasa atau bilingual environment yang kondusif bagi para santri PMDG untuk meningkatkan kualitas bahasa mereka, dan mewujudkan generasi pemimpin yang pandai berbahasa internasional sebagaimana yang telah dicita-citakan oleh Trimurti pendiri pondok.

(Berita: Mahadi, Foto: , Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Related Articles:

Kegiatan Bahasa Di PMDG Kembali Berjalan Seperti Semula

Muntada Lughoh ‘Arabiyyah: Wahana Peningkatan Bahasa Santri

Drama Contest, Media Pengembangan Bahasa Santri

Popular Articles