Date:

Share:

Dua Guru Gontor Peroleh Juara Kaligrafi di Kanada

Related Articles

DARUSSALAM – Guru Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali torehkan prestasi di bidang seni kaligrafi arab Khat, tak hanya satu melainkan dua guru sekaligus yaitu, Al-Ustadz Muhammad Nur serta Al-Ustadz Naufal Ulinnuha telah berhasil menjuarai perlombaan kaligrafi tingkat Internasional khat Maghribi yang diadakan oleh salah satu pusat budaya Maroko, Centre Culturel Marocain, Dar Al maghrib yang berada di Montréal, Quebec, Kanada. Kompetisi yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan 1442 atau Mei 2021 lalu tersebut diadakan dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan 1442 H.

khat Ust M Nur
Khat Maghribi karya Al-Ustadz Muhammad Nur yang menjadi juara kedua.

Event berskala internasional tersebut baru digelar untuk pertama kalinya serta terbuka untuk umum sehingga banyak menarik minat kaligrafer dari berbagai negara di seluruh dunia untuk turut serta berpartisipasi. Seluruh peserta diwajibkan mengirim file karya beserta identitas diri sebelum mengirimkan karya asli kepada sekretariat panitia. Setelah melewati proses penjurian yang ketat, akhirnya pada Sabtu, 30 Oktober dini hari waktu Indonesia, hasil lomba tersebut diumumkan.

Dari 15 peserta yang berhasil masuk ke dalam tahap akhir penjurian, terpilih delapan juara dimana dua di antaranya merupakan guru PMDG. Selain dua orang dari Gontor, terdapat juga lima orang peserta asal Indonesia, serta seorang peserta dari Malaysia yang juga menjadi pemenang dalam event tersebut. Al-Ustadz Muhammad Nur mendapatkan posisi kedua, sementara Al-Ustadz Naufal Ulinnuha berada pada urutan ke-5 dan memperoleh juara harapan.

Khat Maghribi karya Al-Ustadz Naufal Ulinnuha yang menjadi juara kelima.

Pencapaian dalam bidang seni kaligrafi oleh para guru maupun santri PMDG tentunya tidak lepas dari dukungan serta dorongan dari banyak pihak, baik bapak pimpinan, bapak direktur serta para pembimbing khat yang ada di lingkungan Gontor. Demikian pula keberadaan markaz khat Gontor yang saat ini semakin terlihat perannya menjadikan seni kaligrafi semakin populer di kalangan guru, maupun santri.

Semoga prestasi pada lomba di Montreal kali ini menjadi motivasi bagi pecinta seni kaligrafi dan bisa diikuti dengan prestasi-prestasi lainnya pada lomba-lomba mendatang, amiin.

Oleh : Muhammad Nur
Editor : Alif Ahsanuddin dan Taufiq Affandi

Related Articles:
Pelatihan Khat: Tingkatkan Kualitas Tulisan Guru
Buka Bersama Pegiat Markaz Al-Khat Gontor Bersama Bapak Wakil Direktur KMI
Meningkatkan Kualitas Menulis Kaligrafi Santri dari MKD 2020

Popular Articles