Date:

Share:

Upacara Pembukaan Awali Kegiatan Gontor Olympiad

Related Articles

DARUSSALAM –Kegiatan Gontor Olympiad (GO) yang merupakan perlombaan tahunan para santri antar rayon kembali diadakan. Upacara resmi pembukaan GO dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (07/11) pagi di lapangan hijau Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Hadir dalam acara tersebut Bapak Pimpinan PMDG K.H. Hasan Abdullah Sahal dan Drs. K.H. Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed., Bapak Direktur Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) beserta wakilnya, dewan guru KMI, serta seluruh santri dari kelas 1 sampai kelas 5.

 

Upacara tersebut dimulai tepat pada pukul 06.00 WIB, melalui aba-aba Master of Ceremony (MC) dan dipimpin langsung oleh pemimpin upacara. Setelah barisan disiapkan, acara dilanjutkan dengan amanat pembina upacara yang disampaikan oleh Al-Ustadz Riza Ashari, M.Pd., mewakili Bapak Pimpinan PMDG. Dalam sambutannya, beliau memulai dengan anjuran untuk kembali bersyukur; bahwa kegiatan ini adalah extraordinary, di mana seharusnya santri menghabiskan liburannya di rumah, namun kali ini mereka menjalankan liburan di pondok dan bertepatan dengan acara GO. Hal ini menjadi bukti bahwa PMDG tidak pernah libur dari kegiatan, dinamis, dan tetap hidup bahkan menghidupkan.

 

Tak lupa, beliau menegaskan kembali bahwa tujuan dari perlombaan ini bukan hanya untuk menentukan siapa yang menang dan kalah, tapi juga untuk membentuk mental juara serta memupuk ukhuwwah Islamiyyah di antara para santri. “Gontor ingin membentuk mental-mental juara di dalam diri para santrinya. Dari situlah nantinya akan muncul para pemimpin yang memiliki idealisme dan cita-cita yang tinggi, serta memiliki daya saing yang kuat, daya dorong, daya juang, daya suai, dan daya kreatif, sehingga dapat berkompetisi dalam kancah nasional maupun internasional.” Begitulah bunyi salah satu poin yang beliau sampaikan di depan para hadirin.

 

Setelah amanat dari pembina upacara dan pembukaan GO secara resmi, acara dilanjutkan dengan pembacaan janji wasit dan janji pemain, sebelum kemudian pembubaran upacara karena para santri akan langsung memulai perlombaan pagi itu juga.

 

Perlombaan-perlombaan yang ada dalam rentetang Gontor Olympiad terbagi ke dalam 6 divisi; Olahraga, permainan, ketangkasan, keilmuan, kesenian, serta pramuka. Seluruh perlombaan tersebut akan dilaksanakan pada pagi dan sore hari, dari sejak hari ini, Sabtu (07/11) hingga hari Kamis (12/11). Adapun untuk siswa akhir KMI Virtuous Generation, kegiatan mereka adalah mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir gelombang pertama yang akan berlangsung selama 6 hari dimulai pada esok hari, Ahad (08/11).

 

 

Related Articles:

Pesan dan Nasehat Ajari Santri Etika Ketika Liburan

Haflatu Tasyakkur Akhiri Rentetan Ujian Semester Pertama 1442/2020

Popular Articles