Date:

Share:

Pesan dan Nasehat Ajari Santri Etika Ketika Liburan

Related Articles

DARUSSALAM – Dengan melihat keadaan di luar pondok akibat adanya wabah yang menyerang, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) memutuskan untuk tidak memulangkan santri-santrinya sebagaimana liburan biasanya. Para santri tetap akan menjalankan liburan semester yang diadakan di pondok masing-masing. Dengan Adanya liburan ini bukan berarti pondok tidak memperhatikan santri ketika liburan, sebab meskipun sedang berlibur santri haruslah tetap menjaga kesantriannya serta beretika. Untuk tujuan itulah diadakan pesan dan nasehat menjelang liburan semester pertama.

 

Acara pesan dan nasehat menjelang liburan ini diadakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) pada hari Rabu (04/11) dan Kamis (05/11) malam. Acara dimulai pada pukul 20:10 WIB dengan pembukaan dari pembawa acara, pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Oh Pondokku. Selanjutnya acara beralih kepada pesan dan nasehat yang disampaikan oleh Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Bapak Pimpinan PMDG.

 

Pada malam hari itu beliau menyampaikan kepada seluruh santri bahwa masa liburan bukan berarti bebas atau mbruwah, tetapi harus tetap mempunyai pedoman. Bukan untuk bermalas-malasan dan tidak menghasilkan apa-apa, tapi harus tetap aktif berkegiatan serta produktif. “Liburan bukan hanya tidur terus menerus sepanjang hari tetapi liburan itu perpindahan kegiatan dari suatu kegiatan ke kegiatan yang lain, dari duduk berpindah ke berdiri, dari berdiri ke berjalan dan seterusnya.” terang beliau.

 

Adapun penjelasan beliau mengenai etika, beliau menekankan bahwa meskipun pelajaran Akhlaq tidak langsung diajarkan di kelas-kelas namun pendidikan Akhlaq di Gontor diterapkan dengan praktik langsung, dan diselipkan ke dalam berbagai mata pelajaran. “Bila ada yang bertanya ‘di Gontor apa belajar Akhlaq?’ jawabannya: seluruh pelajaran yang ada di KMI, adalah mengandung pendidikan Akhlaq.” tukas beliau.

 

Kemudian pesan nasehat berikutnya disampaikan oleh Drs. K.H. Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed., yang menjelaskan tentang nilai-nilai pondok serta beberapa penerapan etika. Beliau juga menjelaskan tentang memanfaatkan waktu liburan dengan memperbanyak membaca buku.

 

“Renungkan dan rencanakan, kira-kira buku apa yang akan kita baca. Setelah itu, carilah buku yang mudah untuk dipahami, agar kita tidak susah membacanya. Jangan lupa untuk membawa buku catatan, untuk mengikat apa yang kita baca dari buku tersebut.” begitulah beliau menjelaskan tentang bagaimana mengisi liburan dengan membaca di depan para santri.

 

Pesan nasehat terakhir disampaikan oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal. Beliau menyampaikan tentang nilai-nilai pondok, bahwa nilai-nilai yang ada di pondok tidak akan di temukan di luar. Beliau juga menyampaikan beberapa pengalaman yang beliau alami. “Nilai-nilai itu jarang didapat, sukar dicari, mahal harganya, yang seperti ini mungkin lahiriyahnya bisa tapi batiniyahnya tidak. Inilah Gontor.” Ujar beliau.

 

Acara kemudian dilanjutkan esok harinya, yaitu pembacaan buku Etiquette pada Kamis (05/11) pagi. Kegiatan tersebut dibimbing langsung oleh dewan guru KMI dan wali kelas, yang diadakan di kelas masing-masing. Adapun malam harinya para santri berkumpul kembali di BPPM, yang menjadi acara terakhir sebelum mengawali liburan.

 

Acara pada malam hari itu berisi tentang laporan umum panitia ujian semester pertama, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Pimpinan PMDG K.H. Hasan Abdullah Sahal, dan diakhiri dengan pengumuman liburan yang disampaikan oleh Bapak Direktur KMI. Beliau mengumumkan bahwa liburan semester pertama dimulai dari hari Jumat, 20 Rabiul Awwal 1442/15 November 2020 sampai hari Ahad, 29 Rabiul Awwal 1442/15 November 2020. Adapun upacara pembukaan tahun ajaran baru semester kedua akan diadakan pada hari Senin, 1 Rabiul Akhir 1442/ 16 November 2020 sekaligus pembacaan absen disiplin kelas 1 sampai kelas 5 KMI.

 

Beliau juga membacakan tentang maklumat peniadaan perpulangan dan pelaksanaan liburan yang di kampus masing-masing, Pihak Ikatan keluarga Pondok Modern (IKPM) dan wali murid agar mencermati informasi melalui website resmi pondok dan media sosial resmi milik pondok yang lainnya. Kemudian acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Al-Ustadz K.H. Hasan Abdullah Sahal dan penutup dari pembawa acara.Dinulcahya

 

 

Related Articles:

Haflatu Tasyakkur Akhiri Rentetan Ujian Semester Pertama 1442/2020

Popular Articles