Date:

Share:

Gontor Olympiad Kompetisi Santri Yang Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Islami

Related Articles

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali mengadakan ajang perlombaan untuk para santrinya. Namun, kali ini PMDG tidak mengadakan perlombaan dalam satu bidang seperti pada umumnya, melainkan sebuah olimpiade yang berisikan macam-macam perlombaan dari banyak divisi. Beberapa divisi yang akan dilombakan adalah divisi olahraga, keilmuan, kepanduan, bahasa, bahkan divisi kesenian.

Penamaan olimpiade sendiri merupakan hal yang luar biasa. Pasalnya, olimpiade merupakan penamaan dari ajang perlombaan terbesar yang mempertemukan banyak peserta dari berbagai negara. Dengan demikian, diharapkan para santri yang menjadi peserta lomba GO memiliki semangat yang setara dengan para atlet olimpiade tingkat internasional.

Sambutan dari Al-Ustadz Dr. Imam Kamaluddin, Lc, M.Hum..

Gontor Olympiad akan berlangsung selama satu pekan penuh. Dibuka dengan upacara pada hari Jum’at (4/11) dan akan berakhir pada hari Kamis (10/11) yang akan datang. Upacara pembukaan  diadakan di lapangan hijau pada pukul 06.00 WIB, dihadiri oleh Pimpinan PMDG, bapak guru KMI, serta seluruh santri PMDG. Adapun yang menjadi inspektur pada upacara pembukaan Gontor Olympiad adalah Al-Ustadz  Dr. Imam Kamaluddin, Lc, M.Hum..

“Dalam olimpiade semuanya ‌berusaha menjadi lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat. Tapi, hal terpenting dalam olimpiade bukan untuk menang melainkan untuk berpartisipasi. Sebagaimana hidup ‌kita tidak penting harus menang tapi harus pernah berjuang, bukan semangat untuk mengalahkan tapi semangat untuk berkerja sebaik baiknya dalam mengerjakan suatu hal. ‌Semua acara di GO harus dibingkai dalam pendidikan pondok. ‌Pendidikan kejujuran, teamwork, sportivitas, pendidikan menghargai kerja keras, pendidikan menghargai orang lain” ucap beliau dalam sambutannya.

Pimpinan PMDG Membuka Gontor Olympiad Secara Simbolis.

Selain itu, beliau juga berpesan tentang pentingnya sportivitas dalam sebuah kompetisi. Ada yang menang dan juga harus ada yang siap kalah. Belaiu menambahkan: “Kemenangan bukanlah segalanya, apalagi jika dicampuri dengan kecurangan. ‌Kemenangan disertai kecurangan tidak akan menghasilkan kebahagiaan melainkan hanya membuat  kehinaan”.

Acara berlanjut dengan do’a dan ‌pembukaan Gontor Olympiad secara simbolis oleh pimpinan pondok dengan menendang bola ke arah gawang, sekaligus menandai dimulainya rentetan acara Gontor Olympiad. Setelah berakhirnya upacara, segenap tamu juga disuguhkan beberapa penampilan mulai dari Marching Band, Grand Opening, sampai dengan Tabloid olahraga yang mewakili orahraga olahraga yang dilombakan pada Gontor olympiad seperti: sepak bola, badminton, bola basket, senam, dan juga renang.

Penampilan Marching Band Pada Pembukaan Gontor Olympiad.

‌Semoga Gontor Olympiad akan melahirkan pemuda dengan pribadi yang memiliki semangat juang tinggi, yang dapat membara  untuk memerdekakan Indonesia di masa yang akan datang. Karena pemuda merupakan ujung tombak perjuangan yang akan terus mampu berjuang baik bagi bangsa maupun agama.

(Berita: Mahadi, Foto: Rayza, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Artikel Terkait:

Isi Liburan Dengan Kegiatan Bermanfaat, Piala Juara Umum Gontor Olympiad Diserahkan Langsung Oleh Bapak Pimpinan

Upacara Pembukaan Awali Kegiatan Gontor Olympiad

Gontor Olympiad, Ajang Tahdziibun Nufus Santri

Popular Articles