Date:

Share:

Gontor Olympiad, Ajang Tahdziibun Nufus Santri

Related Articles

Gontor Olympiad, Ajang Tahdziibun Nufus Santri

 

DARUSSALAM – Dalam rangka meningkatkan sportivitas para santri sekaligus mendidik karakter santri, Gontor kembali mengadakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya yaitu Gontor Olympiad (GO). GO merupakan sebuah ajang perlombaan para santri yang terbagi menjadi berbagai divisi; yaitu divisi olahraga, keilmuan, kesenian, bahasa, bahkan kepramukaan. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya mewujudkan raga yang sehat saja bagi santri, namun juga akal yang sehat serta hati yang sehat.

 

“Kegiatan ini merupakan ajang perlombaan sekaligus riyadhah badaniyyah. Dan riyadhah badaniyyah merupakan salah satu aktivitas yang mampu mendatangkan manfaat bagi raga, akal, bahkan hati kita,” begitulah poin dari nasehat yang disampaikan oleh Al-Ustadz Dr.H. Mulyono Jamal, M.A. selaku salah satu guru senior di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang mewakili Bapak Pimpinan PMDG ketika upacara pembukaan GO yang dilaksanakan di lapangan hijau PMDG pada hari Jum’at (6/12) lalu. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa tujuan akhir dari semua hasil manfaat tersebut tidak lain adalah untuk membuat kita tetap kuat bahkan istiqamah dalam menjalankan ibadah lillaahi ta’aalaa di dunia ini.

 

Kegiatan yang berlangsung selama seminggu dimulai sejak setelah upacara pembukaan tersebut berakhir pada hari Kamis (12/12). Setelah itu, kegiatan dilanjut dengan penutupan resmi GO yang diadakan pada hari Jum’at (13/12) pagi. Acara yang diadakan di depan Aula Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) ini dihadiri oleh Bapak Pimpinan PMDG KH. Hasan Abdullah Sahal, Direktur Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) KH. Masyhudi Subari, MA., Wakil Direktur KMI Al-Ustadz H. Farid Sulistyo, Lc. dan Al-Ustadz H. Sutrisno Ahmad, Dipl.A., Ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Al-Ustadz H. Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag., dan beberapa guru KMI beserta seluruh santri PMDG.

 

Penutupan GO ini diawali dengan sambutan dari Bapak Pimpinan PMDG KH. Hasan Abdullah Sahal. Beliau Menyampaikan tentang pentingnya usaha dalam melakukan segala sesuatu.

وأن ليس للإنسان إلا ما سعى # وأن سعيه سوف يرى (سورة النجم : 39-40

“Yang penting dalam pertandingan itu harus ada yang namanya usaha, upaya dan kerja keras, dan bukan untuk mencari kemenangannya. Karena semua hasilnya ada di tangan Allah SWT.” Ujar beliau dalam memberikan sambutannya.

 

Setelah Bapak Pimpinan memberikan sambutan dan membacakan doa sekaligus menutup pekan GO tahun 2019, acara dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama pemenang dan pembagian hadiah berupa piala yang akan dibagikan kepada seluruh peserta yang telah menjuarai perlombaan-perlombaannya.

Daftar Pemenang Dalam Ajang Gontor Olympiad :

 

A. Kategori Olahraga Antar Klub

  1. Divisi Sepak Bola A
    1. Juara 1 Nepura A
    2. Juara 2 Darma Jaya A
  2. Divisi Sepak Bola B
    1. Juara 1 Nepura B
    2. Juara 2 Meteor B
  3. Divisi Futsal
    1. Juara 1 Atomic B
    2. Juara 2 Varius B
  4. Divisi Basket
    1. Juara 1 Rajawali
    2. Juara 2 Hartop
  5. Divisi Voli
    1. Juara 1 Safari

 

B. Kategori Perlombaan Antar Rayon

  1. Divisi Futsal
    1. Juara 1 Kibar Saudi 3 lt 2
    2. Juara 1 Sighor Indonesia 4
  2. Divisi Voli
    1. Juara 1 Kibar Palestina
    2. Juara 2 Sighor Syiria 3
  3. Divisi Keilmuwan
    1. Antar Rayon Syiria 2
    2. Antar Instansi Darussalam Pos
  4. Divisi Bahasa
    1. Antar Rayon GBK
    2. Antar Instansi Itqon
  1. Divisi Kesenian

Juara 1  Yaman

  1. Divisi Kepramukaan
    1. Juara 1 Kibar Palestina
    2. Juara 1 Sighor Indonesia 2

 

Juara Umum Kepramukaan Gugus Depan 15-089 : Gudep 15-089-01

Juara Favorit Kepramukaan Rayon   : GBK

Popular Articles