Date:

Share:

LPJ OPPM Dan KGP: Pengurus Baru Resmi Dilantik

Related Articles

DARUSSALAM – Keorganisasian merupakan salah satu kurikulum penting di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Dan sebagai sarana bagi para santri untuk mengenyam pendidikan keorganisasian, PMDG memiliki dua organisasi santri yang besar; yaitu Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) yang kepengurusannya diamanatkan kepada siswa kelas 6 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Adapun mendekati masa ujian akhir siswa kelas 6 KMI, kepengurusan dipindahtangankan kepada siswa kelas 5 KMI.

 

Rentetan kegiatan pergantian pengurus OPPM dan KGP diawali dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dari masing-masing bagian pengurus lama OPPM periode 1441-1442/2020-2021, yang diadakan pada hari Senin (28/12) malam dan Selasa (29/12) pagi. LPJ tersebut melaporkan semua hal terkait kepengurusan pada bagian masing-masing yang telah dijalankan selama masa bertugas 1 tahun. Setelah pembacaan LPJ semua bagian, acara dilanjutkan pada malam harinya dengan Laporan Umum Bendahara serta Ketua OPPM.

 

Usai pembacaan LPJ seluruh bagian OPPM, acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru OPPM periode 1442-1443/2021-2022. Seluruh pengurus baru OPPM dilantik langsung oleh Bapak Pimpinan PMDG, K.H. Hasan Abdullah Sahal, dan disaksikan oleh ketua-ketua lembaga PMDG serta seluruh siswa KMI yang juga merupakan warga OPPM. Setelah resmi dilantik dan disahkan sebagai pengurus baru OPPM, terlebih dahulu kedua pihak (pengurus lama dan pengurus baru) dari tiap-tiap bagian menandatangani surat mandat penyerahan kepengurusan, yang diserahkan oleh pengurus lama kepada pengurus baru, hingga akhirnya secara definitif para pengurus baru sudah resmi mengemban tugas masing-masing, dan diakhiri dengan pergantian tempat.

 

Adapun rentetan pergantian pengurus KGP diadakan pada keesokan harinya, Rabu (30/12). Pada pagi harinya seluruh bagian-bagian KGP yang berjumlah 8 bagian melaporkan LPJ nya masing-masing, dan dilanjut pada malam harinya dengan laporan umum Andalan Koordinator Urusan Keuangan (ANKUKUANG) dan Ketua KGP sebelum akhirnya dilantik secara resmi sebagaimana yang berjalan di OPPM. Jumlah keseluruhan siswa kelas 5 KMI yang dilantik menjadi pengurus baru adalah 203 siswa untuk pengurus OPPM dan 45 siswa untuk pengurus KGP.

 

Pergantian pengurus OPPM dan KGP selalu diadakan setiap tahunnya, menjelang ujian akhir siswa kelas 6 KMI. Hal ini dimaksudkan agar siswa kelas 6 bisa fokus belajar dan mempersiapkan dirinya menghadapi rentetan ujian akhir dari Tarbiyah Amaliyah, Ujian Lisan, serta Ujian Tulis. Adapun siswa kelas 5 KMI yang menjadi pengurus baru, hal ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk mengenyam pendidikan baru dalam pengalaman sebagai pengurus organisasi. Sebelum berlangsungnya rentetan kegiatan pergantian pengurus, terlebih dahulu diadakan pemilihan utusan dari masing-masing konsulat untuk diajukan sebagai calon ketua OPPM, dan dari tiap-tiap Gugus Depan (Gudep) untuk menjadi ajuan calon ketua KGP.

 

 

Related Articles:

Pembacaan Hasil Musyawarah Kerja OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka Latih Keorganisasian Santri

Pembacaan Hasil Musyawarah Kerja OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka Latih Keorganisasian Santri

Pelantikan Pengurus OPPM, Terapkan Panca Jangka Kedua PMDG

 

 

Popular Articles