Date:

Share:

Bazar Khizanah, Lebih Dekat Memenuhi Kebutuhan Santri

Related Articles

Pada Jumat pagi (30/12), para santri tampak beramai-ramai mendatangi lapangan di depan gedung Aligarh dengan antusias serta gembira. Di sana, mereka disambut dengan deretan stand yang menyediakan berbagai macam kebutuhan mereka; mulai dari pakaian, buku-buku, kebutuhan sehari-hari, hingga beraneka ragam makanan dan minuman. Mereka dilayani langsung oleh para guru KMI yang juga bertugas di sektor-sektor unit usaha tersebut.

Begitulah suasana yang tergambarkan di acara Bazar Khizanah Gontor, sebagai salah satu ajang pengenalan unit-unit usaha di PMDG kepada para santrinya. Dengan diadakannya bazar tersebut, para santri dapat mengetahui bahwa pondok tidak hanya memberikan pelajaran di kelas-kelas saja, namun juga mendidik dalam berbagai aspek kehidupan. Di antaranya adalah aspek kewirausahaan, di mana pondok mendidik kepada para santrinya semangat kemandirian ekonomi supaya tidak bergantung kepada pihak lain. Bahkan, saat ini PMDG telah mampu memproduksi beberapa barang kebutuhan para santri dengan brand-nya sendiri.

Peresmian Bazar Khizanah 2022 oleh Al-Ustadz Agus Mulyana, S.Ag..

Bazar Khizanah dibuka langsung oleh Al-Ustadz Agus Mulyana, S.Ag. selaku salah satu guru senior PMDG yang juga terlibat dalam kepembimbingan pengelolaan unit-unit usaha. Dalam sambutannya, beliau mengutarakan tentang pentingnya unit usaha untuk kemandirian pondok. “Dalam Panca Jiwa ada istilah Berdikari, yang maknanya pondok harus memiliki kemandirian. Pondok harus ditopang oleh unit usaha milik sendiri, dan yang mengelolanya adalah santri sendiri ataupun guru. Sehingga semuanya tetap berlandaskan pada konsep pendidikan” ujar beliau dalam sambutannya.

Suasana Bazar Khizanah 2022 di depan Gedung Aligarh.

Bazar kali ini diramaikan oleh sejumlah sektor-sektor unit usaha yang ada di PMDG, meliputi: La Tansa Gontor Department Store, Gambia Depatrtment Store, Khizanah Bakery, serta Kantin Satelit. Dengan diadakannya Bazar Khizanah, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para santri dengan lebih dekat sehingga mampu menunjang proses pendidikan mereka selama menjalani kehidupan di pondok.

Selain itu, bazar ini juga diharapkan dapat menimbulkan motivasi di dalam diri para santri untuk lebih berani terjun di bidang kewirausahaan. Karena dengan berwirausaha, mereka dapat mewujudkan kemandirian ekonomi yang akan sangat bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

(Berita: Fajri, Foto: Diaz, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

Artikel Terkait:

30 Provinsi Perwakilan Pimpinan Pondok Pesantren se-Indonesia Kunjungi Unit Usaha Gontor  

Unit Usaha Latansa Gontor Resmi Beroperasi

Tingkatkan Kemandirian, Gontor Resmikan SPBU Unit II

Popular Articles