Date:

Share:

30 Provinsi Perwakilan Pimpinan Pondok Pesantren se-Indonesia Kunjungi Unit Usaha Gontor  

Related Articles

SIMAN-Guna meningkatkan perkembangan perkoperasian pondok pesantren, Kementrian Agama RI memberikan pelatihan kepada seluruh perwakilan pondok pesantren di Indonesia. 30 peserta dari 30 provinsi perwakilan pimpinan pondok pesantren se-Indonesia mengunjungi unit-unit usaha yang dikelola oleh Pondok Modern Darussalam Gontor pada Ahad (02/09).

Meninjau Unit Usaha Konverksi Gontor.
Meninjau Unit Usaha Konveksi Gontor.

Tim yang diketuai oleh Ustadz Ismail Kadir dari Pondok Pesantren Ummushabri Kendari Sulawesi Tenggara hendak belajar dari keberhasilan Gontor dalam mengelola unit-unit usaha, bisnis pondok serta kopontren, sehingga memiliki kemandirian dalam hal pendanaan. Tim Diklat melihat secara langsung beberapa unit usaha Gontor seperti percetakan Darussalam Press, pabrik air kemasan “Amidas”, pusat penggilingan padi (Selep) Gontor dan BMT (Baitul Maal wat Tamwil) Gontor.

Semua peserta antusias dalam mendengarkan pemaparan dari Ustadz Drs. H. Imam Mukhtar di unit usaha Amidas dan Selep Gontor. “Unit usaha ini menunjukkan bahwa Pondok Modern Darussalam Gontor bisa hidup mandiri dalam mengembangkan pondok. Itu baru mampu memenuhi kebutuhan di dalam, kita belum sempat menerima order dari luar pondok” imbuhnya.

Al-Ustadz Drs. H. Y. Suyoto Arief, M.S.I. saat menyampaikan materi tentang pelayanan prima anggota kopontren pada kegiatan Diklat Teknis Substantif Perkoperasian Pondok Pesantren di Hall Hotel Unida Inn, Universitas Darussalam Gontor.
Al-Ustadz Drs. H. Y. Suyoto Arief, M.S.I. saat menyampaikan materi tentang pelayanan prima anggota kopontren pada kegiatan Diklat Teknis Substantif Perkoperasian Pondok Pesantren di Hall Unida Inn.

Sejatinya unit usaha yang dimiliki Pondok Pesantren itu dijadikan sarana untuk membentuk kemandirian dan pengelolaan, organisasi serta menjadi media bagi pondok untuk melakukan praktik berwirausaha, sehingga terdapat keseimbangan pada pendidikan agama dan pendidikan kewirausahaan. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Drs. H. Y. Suyoto Arief, M.S.I. saat materi tentang pelayanan prima anggota kopontren pada kegiatan Diklat Teknis Substantif Perkoperasian Pondok Pesantren di Hall Unida Inn, Universitas Darussalam Gontor.

 

 

Saat ini, Gontor sudah memiliki 32 unit usaha, Ada unit usaha yang diluar koperasi yaitu perseroan. Beberapa pengembangan kopontren Gontor antara lain SPBU yang dikelola oleh Pondok Modern Gontor di Wonosobo.

Kunjungan di hari ketiga adalah unit usaha Latansa Gontor, yang terletak di jalan Sultan Agung No.21, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Unit usaha ini dialokasikan dalam satu gedung yang terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama terdiri dari tiga unit usaha, diantaranya Latansa Toko Peralatan Olah Raga dan Latansa Apotik. Lantai kedua terdapat Latansa Book Store, dan lantai ketiga merupakan ruangan untuk staf dan karyawan.*Atika R. Masrifah

Popular Articles