Date:

Share:

Poetry Reading And Song Festival Kembangkan Potensi Santri

Related Articles

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menyelenggarakan babak final perlombaan Poetry Reading and Song Festival pada Senin malam (6/6). Kompetisi ini merupakan salah satu dari rentetan acara Khutbatu-l-Arsy yang diorganisir oleh kepanitiaan kelas 3 intensif dan 4. Adanya perlombaan ini menjadikan santri memiliki sarana untuk mengembangkan minat dan bakat mereka, khususnya di bidang musik dan sastra.

Acara tersebut dimulai pukul 20.00 WIB, dan dibuka dengan sambutan dari Pimpinan PMDG yang diwakili oleh Al-Ustadz Anggo Triyono M.Pd.. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang pentingnya pemahaman yang benar terhadap pendidikan yang terdapat dalam dinamika pondok, karena pendidikan di PMDG bukan hanya pelajaran yang terdapat di dalam kelas saja, akan tetapi semua yang dilihat, didengar, dan dirasakan oleh para santri merupakan bagian dari pendidikan yang ada di PMDG.

Sesuai dengan namanya, acara ini diselengarakan untuk mengajarkan kepada para santri bagaimana cara membaca puisi dan benyanyi yang benar. Sehingga di samping mengembangkan potensi, para peserta juga mendapatkan pendidikan dan pengajaran dengan seutuhnya. Kegiatan ini bukan hanya sekedar penampilan (show) saja, namun di dalamnya berisi pendidikan bagi semua santri tak terkecuali penonton yang turut hadir dalam babak final ini. Seperti inilah cara pondok mendidik dan mengajarkan santri-santrinya.

Salah satu finalis Song Festival 2022

Acara ini diikuti oleh 10 finalis yang berhasil lolos dalam seleksi dari 21 rayon di PMDG. Mereka adalah:

Poetry Reading:

Nama Kelas Judul Puisi
Arfan Dakirul 1 Int C Jasa Kemerdekaan
Andika Pratama 4-B Tangisan Malam
Hafidz Tsani 3-B Pahlawanku
Elfandi Zakka 3 Int E Ibu Pertiwi
Rasya Ramadhani 3-F Lebaran Di Malam Palestina

Song Festival:

Nama Kelas Judul Lagu
Ferdi Ardiansyah 3 Int I Kemarin – Seventeen
Ridho Pratama 3 Int D Hanya Rindu – Andmesh
Hafidzah Miftahul 4-C Ayah – Seventeen
Azka Abdul 3-C 90 Langkah – Gontor Voice
Adim Joyo 2-J Tabassam – Nissa Sabyan
Penampilan salah sati finalis Poetry Reading 1443/2022

Acara berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Hasil dalam Perlombaan ini akan diumumkan pada acara Sidasa Band And Giving Reward yang akan diadakan pada senin (20/6) yang akan datang. Semoga acara ini dapat mengembangkan potensi santri di bidang seni khususnya musik dan sastra, serta selalu mendidik santri untuk tetap memperhatikan nilai-nilai yang ada dalam sebuah penampilan, agar tidak salah mengartikan orientasi dari sebuah penampilan. Ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh seluruh santri khususnya para santri baru agar tidak salah langkah dalam menjalani dinamika kehidupan yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor. Nasution/ayusMsofi

Artikel Terkait :

Poetry Reading And Song Festival “Sarana Eksplorasi Bakat Santri”

‘Background’ Berputar Warnai ‘Poetry Reading and Music Festival Show’ 2014

‘Poetry Reading’ dan ‘Song Festival’: Ajang Unjuk Gigi Para Santri Darussalam

Popular Articles