Date:

Share:

Penataran Manajemen Keorganisasian Sarana Pendidikan Keorganisasian Santri

Related Articles

DARUSSALAM- Kepemimpinan merupakan hal yang telah menjadi unsur wajib dalam suatu kelompok. Baik itu dalam ruang lingkup yang besar seperti warga masyarakat hingga ranah yang terkecil seperti keluarga. Pemimpin sendiri merupakan kepala yang bertugas untuk  menyatukan persepsi dan cara pandang dari setiap pihak yang dipimpinnya, menentukan lancar tidaknya jalan dari suatu kelompok. Karenanya, ketiadaan pemimpin dapat mengakibatkan perselisihan paham, kacaunya suatu kegiatan maupun kesenjangan strata kehidupan sosial.

Gontor, sebagai sebuah lembaga pendidikan islam, tak luput dalam mendidik, membina, serta mencetak kader-kader para pemimpin umat dan bangsa. Para pemimpin yang tak sekedar memimpin, namun mampu mengatur dan mengelola suatu organisasi secara baik dan benar. Orang-orang yang dapat menjadi leader, teacher, dan manager.

Suasana kegiatan Penataran Manajemen dan Organisasi (PMO)

Atas dasar hal tersebut, diselenggarakanlah acara Penataran Manajemen Keorganisasian ( PMO ). Acara ini berlangsung mulai tanggal 6-10 Agustus 2022. Dengan diikuti oleh 349 peserta dari berbagai lini organisasi pondok. Terdiri dari 72 perwakilan dari konsulat, 52 perwakilan dari klub & kursus, 27 perwakilan dari instansi, 105 perwakilan dari rayon, 23 perwakilan dari gerakan koordinator pramuka, serta 70 perwakilan dari OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern)

Dalam acara tersebut, disajikanlah berbagai materi yang membahas berbagai kecakapan dasar yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Mulai dari “Dinamika Keorganisasian PMDG “, “Manajerial Skill dalam Beorganisasi”, “Kepemimpinan dalam Berorganisasi“, “Administrasi Kesekretariatan“, “Administrasi Keuangan“, serta “Komunikasi dalam Berorganisasi“. Para pemateri juga merupakan para pihak yang memiliki riwayat panjang keorganisasian dan dianggap kompeten serta ahli dalam bidangnya masing-masing.

Al-Ustadz Dr. H. Suyoto Arief, M. Si., sedang menyampaikan materi dalam Penataran Manajemen dan Organisasi (PMO)

Diharapkan, dengan diadakannya acara ini, wawasan keorganisasian santri semakin meluas. Sehingga, dalam pelaksanaanya dapat menjadi semakin berkembang dan layak nantinya untuk menggantikan posisi para pemimpin saat ini. Sebuah pengamalan dari panca jangka “Kaderisasi “. Bahkan, mereka didambakan mampu memberi dan membawa perubahan yang positif dalam masyarakat kelak. Membawakan figur dari seorang leader, teacher, dan manager.

(Berita: Fajri, Foto: , Editor: Nezzard, Review: Riza Ashari)

Artikel Terkait:

PMO, Tingkatkan Wawasan Santri akan Organisasi

Tahun ini, PMO Hadirkan Materi Baru

Melatih Santri, Gontor adakan Penataran Manajemen dan Keorganisasian

Popular Articles