Date:

Share:

Pembukaan Tahun Ajaran Baru dan Ujian Tulis Capel 1442/2021

Related Articles

Setelah liburan panjang yang dilalui para santri sejak 7 April lalu, hari ini Sabtu (29/5) merupakan hari pertama memasuki masa-masa aktif di Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Masa aktif tersbebut diawali dengan Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru periode 1442-1443/2021-2022 yang diadakan di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

 

Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan diawali dengan sambutan oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) K.H. Hasan Abdullah Sahal. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan pentingnya menjadi orang yang berdisiplin, karena berdisiplin berarti menghargai diri sendiri.

 

“Untuk anak lama yang sudah mengikuti absen disiplin, saya ucapkan selamat atas disiplinmu. Kamu menghargai disiplinmu, berarti kamu orang yang berharga. Dan orang lain menghargaimu karena kamu menghargai dirimu sendiri.” kata Kiai Hasan. Tidak lupa, beliau juga menekankan tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Al-Ustadz H. Masyhudi Subari, M.A. selaku Direktur KMI. Di awal sambutannya beliau menyambut dengan hangat para santri yang sudah tiba tepat waktu di PMDG, dan mengingatkan kembali supaya para santri lama memperbarui kembali niat mereka berada di pondok.

 

Tidak lupa beliau juga menyampaikan beberapa himbauan kepada para calon pelajar yang akan menghadapi ujian tulis. “Ujian di Gontor tidak hanya akademis, tapi juga keterampilan bahkan ujian mental; kejujuranmu, amanahmu. Jangan sampai ada yang berpikir untuk curang, karena Gontor adalah negara keikhlasan. Maka yang curang pasti akan ketahuan.” tegas beliau.

 

Selain dihadiri oleh Bapak Pimpinan dan Direktur KMI, upacara tersebut juga dihadiri oleh Ketua-ketua Lembaga di PMDG, Dewan Guru KMI, seluruh santri lama dari kelas dua hingga kelas enam KMI, serta para calon pelajar. Dan di samping membuka tahun ajaran yang baru, upacara tersebut sekaligus mengawali ujian tulis masuk KMI bagi para calon pelajar yang sebelumnya telah mendaftrakan diri serta mengikuti ujian lisan di PMDG Kampus 2.

 

Materi yang diujikan secara tertulis pada Ujian Masuk KMI berjumlah 2 materi; yaitu berhitung dan Imla’. Ujian dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan durasi setiap materi selama 60 menit, dan diselingi dengan waktu istirahat. Setelah ujian berakhir pada pukul 11.00 WIB, para calon pelajar pun diberangkatkan kembali ke PMDG Kampus 2 untuk bertemu dengan pendamping masing-masing.zahrulmuhsinin

 

Related Articles:

Pembukaan Tahun Ajaran Baru 1441-1442 H

Anjuran Untuk Belajar dalam Islam dan Doa Sebelum Belajar

Popular Articles