Date:

Share:

Panggung Gembira 697 Meriahkan Darussalam

Related Articles

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali dimeriahkan oleh sebuah pagelaran seni akbar yaitu Panggung Gembira (PG) 697. Acara ini diadakan pada Sabtu malam (25/6) di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) Darussalam Gontor. Acara ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar PMDG, Badan Wakaf, Pimpinan pondok, dewan guru Kuliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI), serta seluruh santri PMDG.

PG 697 dipanitiai oleh santri kelas 6 KMI dan diikuti oleh seluruh santri PMDG. Pagelaran seni ini merupakan acara puncak dari rentetan acara Pekan Perkenalan Khutbatu-l-Arsy 1443 yang bertujuan untuk memperkenalkan keseluruhan isi pondok kepada para santri. Acara spektakuler ini juga dapat menjadi sarana untuk menggali potensi, minat, serta bakat santri PMDG dalam bidang kesenian, baik musik, tari-tarian, maupun tarik suara.

 

Pada mulanya, PG sama halnya dengan Drama Arena (DA) yang awalnya diselenggarakan di dalam aula BPPM, bedanya PG di tampilkan di atas panggung utama BPPM menghadap ke arah selatan sedangkan Drama Arena di dalam aula menghadap ke arah Barat. Baru kemudian, pada tahun 1996 acara PG dan DA diadakan di luar aula BPPM, hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah santri sehingga BPPM pun sudah tidak cukup lagi untuk digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kedua acara tahunan tersebut.

 

PG 697 resmi dibuka oleh Pimpinan PMDG, K.H. Hasan Abdullah Sahal, Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., dan Drs. K.H. Akrim Mariyat Dipl.A.Ed.. Ketiganya berdiri berdampingan membuka acara akbar ini sekaligus memberikan sambutan, sambutan Pimpinan PMDG disampaikan oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal, dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang sejarah awalnya diadakan acara PG. Acara seperti PG ini telah diadakan sejak tahun 1926, awalnya dikenal sebagai “Tonil” (pertunjukan), acara yang diadakan sebagai hiburan dan perkenalan kepada para santri.

PG
Pimpinan PMDG menghadiri pagelaran seni akbar Panggung Gembira 697.

Kemudian, Pimpinan PMDG juga berpesan kepada seluruh hadirin untuk terus berjuang bersama untuk memajukan pondok dan menyampaikan ajaran kebenaran.

“Hari ini, disaat PMDG segera memasuki usia 1 abad, akan tetap selalu mendidik generasi-generasi muda yang masih sangat sentitif dengan pengaruh zaman. PMDG hadir untuk mendidiknya meskipun hanya merangkak tapi tetap maju kedepan, daripada lari tapi hanya di tempat.” ujar K.H. Hasan Abdullah Sahal dalam sambutannya.

Panggung Gembira 697 menampilkan sebanyak 48 acara yang mendidik, dikemas elegan, menghibur serta sangat menyenangkan untuk dinikmati. Dengan mengusung motto “Tanamkan nilai keislaman menuju kejayaan bangsa” panitia penyelenggara berhasil menghadirkan pagelaran seni yang tak hanya menghibur, namun juga sarat akan nilai pendidikan dan pelajaran kehidupan. (Berita: Alif/Ayus, Foto: Rayza/Diaz, Editor: Nezzard. Reviewer: Riza Ashari)

 

Artikel Terkait:

Drama Arena 597 Eratkan Kebersamaan Santri Kelas 5

Mahadasa Show 2022 dan Pesan Unik bagi Mahasiswa Guru

Panggung Gembira 694, Sungguh Hidup, Luar Biasa!

Popular Articles