Date:

Share:

Olahraga dan Seni Tunjang Perkembangan Santri

Related Articles

DARUSSALAM – Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) yang merupakan agenda wajib di Pondok Moden Darussalam Gontor (PMDG) resmi dibuka pada Jum’at Pagi (11/6). Bertempat di Lapangan Hijau PMDG, kegiatan yang juga mengawali rentetan acara tahunan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-’Arsy (PPKA) di PMDG tersebut dibuka secara seremonial dengan upacara yang diikuti seluruh santri dan dewan guru KMI.

 

Upacara yang dipimpin oleh Ulil Abshor selaku pemimpin upacara tersebut dimulai pukul 06.00 WIB. Diawali dengan laporan masing-masing komandan peleton kemudian disambung dengan pengibaran bendera PORSENI dengan diiringi oleh Mars Harapan Bangsa. Al-Ustadz Suwarno, mewakili Bapak Pimpinan PMDG selaku inspektur upacara membuka kegiatan PORSENI tahun ini secara simbolis dengan tendangan penalti ke arah gawang dan menyalakan obor PORSENI.

 

Dalam pidatonya Al-Ustadz Suwarno menjelaskan pentingnya Olahraga dalam kehidupan di pondok, disamping mengisi otak dengan ilmu dan hati dengan dzikir, santri juga harus mengisi jasmani dengan berolahraga,

 

“Kita tahu bahwa di pondok ini ada olahraga di samping olah rasa, olah pikir, dan olah dzikir.” ungkap guru PMDG yang pernah menjabat sebagai wakil pengasuh di PMDG kampus putri 3 tersebut dalam amanat inspektur upacara pembukaan PORSENI, Jum’at (11/5).

 

Beliau juga menambahkan bahwa olahraga dan  seni dalam dunia pesantren memiliki peran penting dalam menunjang perkambangan santri, di antaranya adalah untuk memberikan wadah kebebasan berekspresi yang terarah dan terbimbing, melatih imajinasi, membina keterampilan jiwa dan sportivitas, serta mempererat tali persahabatan.

 

Setelah menyampaikan amanat, Al-Ustadz Suwarno pun melanjutkan dengan do’a dan kemudian membuka PORSENI secara simbolis mewakili bapak Pimpinan PMDG.

 

Setelah upacara selesai, para hadirin disuguhkan beberapa penampilan hasil kreativitas santri. Penampilan pertama adalah koreografi Grand Opening, kemudian disambung dengan barisan Marching Band Gema Nada Darussalam (MBGND). Meski sempat menghadapi beberapa kendala untuk dapat tampil maksimal sebelumnya namun mereka membuktikan bahwa usaha keras pasti membuahkan hasil yang baik, terbukti mereka dapat memukau para hadirin dengan membawakan lagu “Assalamu’alaikum.” dan “Kembalilah”.

 

Selepas penampilam MBGND, kreativitas santri di bidang seni bela diri pun ditampilkan melalui atraksi dan pertunjukkan seni Persatuan Bela Diri Darussalam (PERBEDA). Terakhir, beberapa santri menampilkan kreasi simulasi beberapa cabang olahraga yang akan dilombakan dalam PORSENI tahun ini, seperti Sepak bola, Bola Basket, Bulu tangkis, dan Bola Voli.

 

Kegiatan PORSENI akan berlangsung selama seminggu, dimulai pada hari Jum’at (11/6) dan berisikan perlombaan-perlombaan dari berbagai cabang olahraga hingga kesenian. Perlombaan dijadwalkan pada waktu pagi dan sore di setiap harinya, dan berakhir di hari Jum’at (18/6). Peserta lomba diambil dari masing-masing rayon di Darussalam, yang jumlahnya sebanyak 23 rayon. Alif

 

Related Articles:

Porseni 2020 Resmi Dimulai

Pembukaan Porseni 2019 Berlangsung Meriah

Pembukaan Porseni di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo 2019

Popular Articles