Date:

Share:

Porseni 2020 Resmi Dimulai

Related Articles

DARUSSALAM–Memiliki badan yang sehat dan berpengetahuan luas merupakan keinginan setiap orang, dan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menempatkan berbadan yang sehat sebagai moto pondok, guna terus menanamkan kepada semua santri agar tetap sehat jasmani dan rohaninya, dengan landasan “Al-aqlu as-salimu fil-jismi as-salimi”. Inilah jargon yang menjadikan santri semangat untuk terus menjaga kesehatan, karena akal dan jiwa yang kuat itu terdapat pada badan yang sehat.

Untuk mengasah ketangkasan santri dalam berolahraga, maka diselenggarakanlah Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang bermotokan “Menjunjung tinggi al-Akhlaq al-Karimah, Mewujudkan Khoiru Ummah”. Porseni merupakan ajang atau event tahunan yang berisi berbagai macam kompetisi olahraga dan seni yang diselenggarakan selama 1 minggu penuh. Perlombaan ini diikuti oleh semua anggota rayon yang ada di Darussalam, yang terdiri dari 21 rayon mencakup rayon santri baru dan santri lama. Perlombaannya terdiri dari 3 divisi, yaitu divisi olahraga, seni, dan wide game.

Jum’at pagi (3/7) pukul 06.00 WIB, semua santri dan guru mengikuti upacara pembukaan Porseni ini yang dilaksanakan di lapangan hijau PMDG. Seluruh hadirin yang hadir diwajibkan mengikuti acara dengan memakai masker. Setelah resmi dibuka, berbagai macam perlombaan yang sudah disiapkan oleh panitia langsung dimulai, dengan menyesuaikan jadwal yang ada.

Kegiatan seperti ini merupakan salah satu cara Gontor untuk mengenalkan nilai-nilai pondok kepada santri baru, agar dapat memahami kepondokmodernan dengan baik. Juga, untuk mengingatkan kepada santri lama agar lebih memahami pondok secara menyeluruh. Selain mengenalkan kegiatan-kegiatan pondok, perlombaan ini juga ditujukkan untuk melatih fisik para santri agar selalu sehat, mengingat kegiatan yang ada sangatlah padat. Maka dari itu, seluruh santri harus menyiapkan kesehatan fisik dan mental agar mampu mengikuti seluruh kegiatan dan menyerap semua nilai yang ada dengan baik.Mika

 

 

 

Popular Articles