Date:

Share:

Mendekati Ujian, Para Santri Mulai Belajar Malam Keliling

Related Articles

DARUSSALAM- Menjelang datangnya masa ujian di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), para santri yang sebelumnya belajar malam di kelas-kelas kini mulai belajar malam dengan berkeliling. Selain itu para santri yang biasanya hanya mengadakan belajar malam sebanyak 4 kali seminggu, sekarang harus mengikuti belajar malam sebanyak 7 kali seminggu.

Hal tersebut diadakan guna menambah waktu yang dapat dimanfaatkan oleh para santri untuk mempelajari materi yang akan diujikan ketika ujian tengah semester nanti. Meski tidak berada di kelas, bukan berarti para santri bebas dan kurang pengawasan. Para santri tetap belajar dengan bimbingan dari para guru. Mereka tetap bisa menanyakan hal yang tidak dipahami ataupun sekedar untuk melaporkan hafalan mereka kepada para guru yang akan menemani mereka selama belajar malam keliling.

Suasana belajar malam keliling santri PMDG

Kegiatan belajar malam keliling baru dimulai pada hari Selasa (30/8) melalui acara pembukaan yang diadakan di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Acara pembukaan ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Direktur KMI, serta diikuti oleh segenap guru KMI. Acara diawali dengan sambutan dari Direktur KMI, K. H. Masyhudi Subari, M. A., lalu dilanjutkan dengan nasehat dari Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor yang disampaikan oleh K. H. Drs. Akrim Mariyat, Dipl. A, Ed,.

Sambutan Direktur KMI, K. H. Masyhudi Subari, M. A., pada pembukaan belajar malam keliling.

Pimpinan Pondok dalam hal ini menyampaikan tentang besarnya tanggung jawab yang dititipkan oleh wali murid kepada para guru untuk membantu mensukseskan belajar santri. Karena sejatinya guru tidak dapat menjadikan muridnya pintar, namun dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar.

Beliau juga menyampaikan bahwa ujian adalah sarana untuk belajar, bukan belajar untuk menghadapi ujian. Maka dari itu semua pihak dituntut untuk dapat serius, dan tidak ada alasan untuk meninggalkan kewajiban tersebut demi mewujudkan generasi khoirul ummah.

(Berita: Mahadi, Foto: Rayza, Editor: Neezard, Review: Riza Ashari)

Artikel Terkait:

Fokus Hadapi Ujian, PMDG Tutup Kegiatan Kepramukaan

Kunci Sukses Pelaksaan Ujian di Gontor

Ujian Tulis Semester Pertama 1442/2020 Resmi Dimulai

Popular Articles