Warta Dunia (Wardun) 2021

Alhamdulillah. Jurnal Tahunan/Warta Dunia (Wardun) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dapat diselesaikan pada waktunya. Meskipun dengan segala keterbatasan di masa yang extraordinary ini. Kami Tim Redaksi bersyukur bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semuanya tidak lepas dari kerja keras, tanggung jawab, kesungguhan, dan keikhlasan seluruh Tim Redaksi.

Wardun adalah deskripsi aktivitas PMDG secara keseluruhan selama setahun; Meliputi Aktivitas para Santri, Guru-guru, Pimpinan Pondok, dan Badan Wakaf. Untuk mempermudah pembaca dalam memahami dan melihat perkembangan pondok secara keseluruhan, maka sistematika penyajian Wardun mengacu pada Panca Jangka PMDG, yakni; Pendidikan dan Pengajaran, Kaderisasi, Pergedungan,Khizanatullah, dan Kesejahteraan Keluarga.

Jangka Pertama: Pendidikan dan Pengajaran. Isi yang tertuang dalam jangka ini meliputi aktivitas Pengasuhan Santri, Kulliyatu-l-Muallimin al-Islamiyah (KMI), dan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Tahun ini, terdapat
pembaharuan pola penulisan dalam Wardun, khususnya dalam berita tekstual seluruh kegiatan penunjang akademis dan non-akademis santri/santriwati yang ditulis secara umum dan menyeluruh di bawah naungan Pengasuhan Santri dan KMI. Hal ini merupakan wujud bahwa PMDG tidak hanya mengoptimalkan kegiatan yang ada di Kampus Pusat, namun turut berupaya meningkatkan kualitas santri dan guru di seluruh kampus PMDG yang tersebar di Indonesia.

Alhamdulillah, meskipun di Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), KMI dan UNIDA terus menunjukkan
perkembangan yang berarti, baik secara kuantitas maupun kualitas. Tahun ini, KMI mampu menerapkan sistem
pendaftaran online bagi seluruh calon pelajar putra maupun putri, menyelenggarakan sejumlah pendalaman materi secara virtual bagi para pengajar di seluruh kampus PMDG, dan membuka sekaligus menerapkan kurikulum KMI di PMDG Putri Kampus 8, Lampung.

Sementara itu, UNIDA Gontor juga terus berupaya optimal untuk mewujudkan cita-cita Trimurti PMDG dalam menyempurnakan UNIDA Gontor menjadi Universitas yang bermutu dan berarti. Tahun ini, Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., M.Phil, dikukuhkan oleh Pimpinan Pondok sebagai Rektor baru UNIDA Gontor menggantikan Rektor lama Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., yang kini menjadi Pimpinan PMDG.

Hingga saat ini, UNIDA Gontor telah melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 160 Mitra Perguruan Tinggi, dengan rincian; 85 Perguruan Tinggi dan Institusi Luar Negeri; serta 75 Perguruan Tinggi dan Institusi Dalam Negeri. Selain itu, UNIDA Gontor juga mendapatkan akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan predikat “Baik Sekali”.

Jangka Kedua, Kaderisasi. Berisi berita tentang berbagai usaha Pimpinan Pondok dalam menciptakan dan meningkatkan mutu kualitas dan kuantitas para kader PMDG. Diantaranya: Penugasan, Perwakilan, dan Pendelegasian Wewenang. Termasuk dalam proses kaderisasi adalah Pernikahan yang diatur oleh Pimpinan PMDG dengan perjanjian kesiapan untuk menjadı istri maupun suami kader sebagaimana yang telah menjadi pengetahuan bersama di PMDG, bahwa kader Pondok tidak diperkenankan untuk mengabdi di lembaga lain selain PMDG.

Tidak kalah menarik dari jangka sebelumnya, laporan pada Jangka Ketiga, Sarana Pergedungan/Pendidikan juga menunjukkan adanya pertambahan jumlah fasilitas gedung di PMDG, seperti: Gedung Air Minum dalam Kemasan (Amidas) di PMDG Kampus Pusat, Gedung Trimurti dan Nin-Xia di PMDG Kampus 4, Banyuwangi, Gedung Azerbaijan di PMDG Kampus 6, Kendari, Mini Hall di PMDG Kampus 10, Jambi, Masjid Baitul Abbas Thalib di PMDG Putri Kampus 2, Mantingan, Auditorium di PMDG Putri Kampus 4, Kendari dan PMDG Kampus 5, Magelang, serta 20 Ruang Kelas di PMDG Kampus 6, Kendari, dan 7 Ruang Kelas di PMDG Putri Kampus 7, Riau.

Jangka Keempat: Khizanatullah adalah keniscayaan bagi prinsip kemandirian PMDG, terutama dalam kemandirian pendanaan. Yayasan Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern (YPPWPM) melaporkan adanya perluasan wakaf, baik melalui pembelian maupun tukar tambah, dan juga adanya perkembangan jumlah unit usaha yang ada. Tahun 2 ini, PMDG memiliki tanah seluas 16.258.598 m atau sekitar 1.626 ha yang tersebar di seluruh Indonesia, selain itu, terdapat penambahan unit usaha baru yaitu Gambia Department Store di PMDG Kampus Pusat, sebagai destinasi belanja kebutuhan sehari-hari santri, baik primer maupun sekunder.

Jangka Kelima: Kesejahteraan Keluarga. Berisi laporan segala macam upaya Pimpinan Pondok dalam rangka menyejahterakan para kader PMDG. Adapun bentuk kesejahteraan itu berupa penyediaan perumahan dan kelengkapan fasilitasnya bagi guru yang telah berkeluarga, mengirim para kader untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, pemberangkatan kader untuk menunaikan ibadah haji maupun umrah dan lain sebagainya.

Selain mengacu pada Panca Jangka PMDG, Wardun ini juga memuat beberapa berita khusus yang terjadi pada tahun ini, diantaranya: Berita Wafatnya Pimpinan Pondok, K.H. Syamsul Hadi Abdan dan DR. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A., Pengangkatan Pimpinan PMDG Masa Bakti 2020-2025, Pendaftaran Online Calon Pelajar PMDG, Pendirian PMDG Putri Kampus 8, Lampung, dan Aktivitas Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 PMDG. Tidak ketinggalan, Wardun juga memuat berita tambahan seperti: Jumlah Keluarga Gontor yang berada di Luar Negeri, Kehadiran Para Tamu di PMDG, Berita Keluarga, Obituari, serta Pesan dan Nasihat Trimurti Pendiri Pondok.

Tidak lupa, kami menyampaikan ribuan terima kasih kepada seluruh santri, guru, dan alumni PMDG yang telah ikut serta dalam mensukseskan Lomba Desain Sampul Wardun. Alhamdulillah, melalui perlombaan ini, para santri, guru dan alumni PMDG mampu meningkatkan kreatifitas mereka untuk memunculkan ide-ide baru dalam karya desain grafis pembuatan sampul Wardun.

Akhirnya, atas nama Tim Redaksi Wardun, kami mohon maaf jika dalam penulisan Wardun tahun ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, saran dan masukan sangat diharapkan demi perbaikan Wardun di tahun-tahun mendatang. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Klik untuk mengakses

Gontor, 13 J. Tsaniah 1442/26 Januari 2021

© 2017 Gontor | ICT Team