Date:

Share:

Wajah Baru Gugusdepan Pramuka Darussalam

Related Articles

Kamis siang selalu menjadi hari yang istimewa bagi para santriwati. Dikarenakan adanya kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di setiap gugusdepan (gudep) masing-masing secara rutin. Gontor Putri 1 memiliki 11 gudep, yang di setiap gudepnya beranggotakan kurang lebih sekitar 200 andika. Setiap gudep diketuai oleh seorang pembina gudep (bindep) yang didampingi oleh para pembantu pembina dari kelas 5. Ada dua tingkatan dalam setiap gudep yaitu penggalang (kelas 1–3) dan penegak (kelas intensif dan 4).

Berbeda dengan kamis biasanya, 19 September 2019 menjadi hari yang bersejarah bagi kepramukaan Darussalam. Hal itu ditandai dengan adanya perubahan nama, warna, serta lambang seluruh gugus depan tanpa terkecuali. Alasan dibalik pergantian total ini adalah standarisasi sitti-l-kull gontori, sehingga andika tetap memegang unsur muslimah dan nisaiyyah. Gagasan yang diusulkan oleh bapak wakil pengasuh K.H. Ahmad Suharto sejak 2 tahun silam ini akhirnya dapat terealisasikan.

Peresmian transformasi gudep ini turut dihadiri oleh seluruh ustadzah dan kelas 6. Setelah melewati diskusi dan pertimbangan yang matang, akhirnya bergantilah panggilan setiap gugusdepan menjadi nama-nama bunga. Disertai juga warna gudep dan filosofi yang sesuai dengan tiap bunganya. Berikut adalah perubahannya:

17-16

Warna merah pada gugusdepan ini melambangkan kekuatan dan keberanian para andikannya, sedangkan kuning menggambarkan rasa bahagia, semangat, dan optimis.

17-18

Kuning melambangkan keceriaan andika andikanya, sedangkan hitam melambangkan kekuatan untuk terus berani maju ke depan.

17-20

Orange memberi kesan semangat, simbol petualangan, optimisme, kepercaan diri serta kemampuan bersosialisasi, yang diharapkan dapat menjadi karakter andika Garbera. Hitam sendiri adalah cerminan keberanian pramuka muslimah dalam menghadapi tantangan.

17-22

Karisma yang dimiliki oleh andikannya serta sifat kebijaksanaan dilambangkan dengan warna ungu, sedangkan silver berarti menenangkan dan menyenangkan.

17-32

Warna ungu melambangkan keagungan dan kebijaksanaan, yang diharapkan andika dari guusdepan ini memiliki karakter yang agung lagi bijaksana dalam segala hal. Sedangkan warna merah muda memberi kesan kelembutan dalam keagungan dan kebijaksanaan seorang wanita.

17-62

Kedamaian dan ketenangan yang disebarkan oleh andikannya dilambangkan dengan warna biru, warna kuning sendiri melambangkan keceriaan dan semangat andikannya.

17-64

Merah melambangkan keberanian serta kesemangatan andika dalam meningkatkan potensinya , sedangkan putih melambangkan kesuciaan, ketulusan, dan ketaatan.  

17-68

Tosca dan Coklat merupakan warna gugus depan Azalea dimana coklat melambangkan warna khas pramuka yang diharapkan setiap andika muda memiliki kesan kuat dan dapat diandalkan. Dan warna tosca melambangkan keseimbangan, kesemangatan dan optimisme yang tinggi.  

17-70

Warna maroon melambangkan keberanian dan keteguhan untuk menegakkan islam, sedangkan pink berarti kasih sayang andika gugusdepan terhadap pramuka.  

17-72

Warna peach menggambarkan sikap lembut, karena pada dasarnya kami pramuka tapi kami tetap menjunjung nilai nilai seorang muslimah yang ideal. Dan keinginan yang kuat dari andikannya untuk memajukan gugusdepan ini dilambangkan dengan warna hijau.

17-74

Kuning melambangkan kebahagian, energik dan ceria yang diharapkan setiap andika muda membawa kesemangatan dan kegembiraan. Hijau sendiri melambangkan kesuburan dan kehidupan yang abadi seperti gugus depan ini yang akan terus maju dan jaya.

kamilaisl

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular Articles