Pondok Modern Darussalam Gontor 8

Pondok Modern Darussalam Gontor 8 yang diasuh oleh Ustadz Bambang Nur Cholis, adalah merupakan cabang Gontor yang berada di Desa Labuhan Ratu VI kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur. Pondok ini secara langsung di resmikan oleh Pimpinan PMDG dan Kapolda Metro Jaya Irjen Firman Gani pada tanggal 12 Februari 2005, dengan memiliki 4 program yang berbeda dengan Gontor I. Akan tetapi visi dan misi yang dijalankan adalah mengacu pada Pondok Modern Darussalam Gontor I. Program yang dijalankan oleh Islamic Center Gontor 8 ini adalah:

1. Play group, program ini diperuntukkan anak – anak yang berumur 3 – 6 tahun.

2. TPA (Taman Pendidikan al-Qur’an) dengan iqro’ sebagai pedoman pengajaran yang dijalankannya. Untuk program ini dilaksanakan pada pukul 14.00 – 14.30. sore hari.

3. MTA (Madrasah Tarbiyatul Atfal) merupakan madrasah diniyah pada sore hari juga pada pukul 14.00 – 16.30. Dengan materi yang diajakarkan meliputi; al-Qur’an, tajwid, aqoid, fiqh, hadist, tafsir, mahfudzat, tarikh Islam, Imla’ dan tak ketinggalan adalah bahasa Inggris. Selain materi yang di berikan dalam kelas secara langsung untuk program ini juga ditambahkan materi ekstrakurikuler seperti kepramukaan, muhadharah, olahraga, kursus kesenian, dan bahasa.

4. Program KMI, yaitu suatu program pendidikan yang diperuntukkan anak SLTP dan sederajat.

Selain program yang dijalankan untuk pendidikan Gontor 8 juga ikut berperan aktif dalam mejalankan kegiatan kemasyarakatan, seperti mengadakan pengajian umum tiap malam sabtu, pengiriman penceramah dalam acara hari – hari besar Islam dan kegitan masyarakat lainnya.

Adapun tenaga pengajar Gontor 8 adalah alumni Pondok Modern Gontor putra, serta alumni ISID Pondok Modern Darussalam Gontor. Yang semuanya berperan aktif dalam mengajar dan mendidik santri, dengan penuh keiklasan.

© 2017 Gontor | ICT Team