Pendaftaran

PENDAFTARAN KULLIYATU-L-MU’ALLIMIN/MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH (KMI) TAHUN AJARAN 1438-1439/2017-2018

A. Syarat-syarat Pendaftaran

  1. Menyerahkan 2 lembar fotokopi STTB terakhir atau Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  2. Berbadan sehat dengan Surat Keterangan dokter dari Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) Pondok Modern Darussalam Gontor.
  3. Menyerahkan pasfoto berwarna dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar (putra); dan pasfoto berjilbab putih, berlatar belakang biru, berukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar dan 3 x 4 sebanyak 8 lembar (putri).
  4. Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran.
  5. Menyerahkan 1 lembar fotokopi Akta Kelahiran (putra); dan 3 lembar fotokopi Akta Kelahiran (putri).
  6. Menyerahkan 1 lembar fotokopi KTP wali santri/yang mewakilinya (khusus putra).
  7. Menyerahkan 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga (khusus putri).
  8. Mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditentukan.

NB: Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan saat mendaftar di Kantor KMI atau Panitia Ujian Masuk KMI.

B. Syarat-syarat Penerimaan

  1. Berijazah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtida’iyah (MI) atau yang sederajat, untuk masuk kelas biasa dengan masa belajar 6 tahun, dan berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau yang sederajat untuk masuk kelas Intensif dengan masa belajar 4 tahun.

2. Mempunyai dasar agama, yakni:

     A. Dapat membaca al-Qur’an dengan baik;

     B. Dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik;

     C. Dapat membaca dan menulis Arab dengan lancar;

3. Lulus dalam testing/ujian masuk dan psyco-test;

         4. Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakan.

C. Waktu dan Cara Pendaftaran

Pendaftaran calon pelajar (capel) Pondok Modern Darussalam Gontor dilaksanakan pada:

  1. Putra: Tahap Pertama: Tanggal 23-28 Ramadhan 1438/18 Juni-23 Juni 2017; dan Tahap Kedua: 5-10 Syawwal 1438/29 Juni-4 Juli 2017, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo;
  2. Putri: Tanggal 5-14 Syawwal 1438/29 Juni-8 Juli 2017, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1, Sambirejo, Mantingan, Ngawi.

Pelaksanaan ujian masuk KMI:

  1. Putra, Ujian Lisan: Tahap Pertama: Tanggal 25-28 Ramadhan 1438/20-23 Juni 2017; dan Tahap Kedua: 4-10 Syawwal 1438/28 Juni-4 Juli 2017. Untuk Ujian Tulis (serentak): tanggal 11 Syawwal 1438/5 Juli 2017, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo.
  2. Putri, Ujian Lisan: Tanggal 5-14 Syawwal 1438/29 Juni-8 Juli 2017, dan Ujian Tulis (serentak): Tanggal 15 Syawwal 1438/9 Juli 2017, bertempat di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1, Sambirejo, Mantingan, Ngawi.

Pendaftaran capel Pondok Modern Darussalam Gontor diadakan secara langsung di kampus (tidak bisa dilaksanakan melalui korespondensi, telepon, atau internet).

D. Pelaksanaan Ujian Masuk KMI dan Materi Ujian

  1. Ujian Masuk KMI meliputi ujian syafahi (ujian lisan) dan ujian tahriri (ujian tulis).
  2. Materi ujian syafahi meliputi psycotest, membaca Al-Qur’an, Tajwid, dan praktik ibadah (ibadah qauliyah dan ibadah ‘amaliyah).
  3. Materi ujian tahriri mencakup: Imla’ (dikte tulisan Arab), Bahasa Indonesia, Berhitung Soal dan Angka (Matematika dasar setara kelas 6 SD).
  4. Tidak ada perbedaan antara materi ujian yang diujikan kepada calon pelajar lulusan SD (sederajat) dengan calon pelajar yang berasal dari lulusan SLTP (sederajat).

NB:

  • Dalam pelaksanaan Ujian Masuk KMI tidak diadakan ujian ulangan/susulan.
  • Waktu pelaksanaan ujian bisa berubah sewaktu-waktu.

E. Program Ujian Lanjutan 

Bagi calon pelajar yang telah lulus Ujian Masuk KMI, diberi kesempatan untuk mengikuti Program Ujian Lanjutan, yaitu ujian akselerasi ke kelas yang lebih tinggi jika memenuhi syarat-syarat tertentu, di antaranya memiliki kemampuan dengan bekal keilmuan yang cukup untuk duduk di kelas yang lebih tinggi dari kelas 1 KMI.

F. Biaya Administrasi Pendaftaran Calon Siswa Baru KMI 2017/1438 (Gontor Putra)

      1Uang pangkal masuk KMIRp.  1.700.000
      2Uang penambahan bangunan baruRp.     850.000
      3Uang Kepanitiaan Awal Tahun AjaranRp.     210.000
      4Uang kertas (1 tahun sekali)Rp.     370.000
      5Uang Majalah Gontor (1 tahun sekali)Rp.     270.000
      6Uang kesehatanRp.     290.000
      7Pembangunan Menara Masjid PMDGRp.     600.000
      8Uang sekolah dan asrama (setiap bulan)Rp.     300.000
      9Uang makan (setiap bulan)Rp.     310.000
     10Pembayaran Organisasi dan PramukaRp.     335.000
                                                            JumlahRp. 5.235.000

Biaya Administrasi Pendaftaran Calon Siswi Baru KMI 2017/1438 (Gontor Putri)

      1Uang pangkal masuk KMIRp.  1.700.000
      2Uang penambahan bangunan baruRp.     850.000
      3Uang Kepanitiaan Awal Tahun AjaranRp.     210.000
      4Uang kertas (1 tahun sekali)Rp.     370.000
      5Uang Majalah Gontor (1 tahun sekali)Rp.     270.000
      6Uang kesehatanRp.     290.000
      7Pembangunan Menara Masjid PMDGRp.     600.000
      8Uang sekolah dan asrama (setiap bulan)Rp.     300.000
      9Uang makan (setiap bulan)Rp.     310.000
     10Pembayaran Organisasi dan PramukaRp.     465.000
                                                            JumlahRp. 5.365.000

Pembayaran setiap bulan (putra dan putri):

      1Iuran makan (setiap bulan)Rp.     310.000
      2Iuran sekolah dan asrama (setiap bulan)Rp.     300.000
                                           JumlahRp.   610.000

Gontor, 23 Rajab 1438/20 April 2017

______________

NB:

  • Ketentuan biaya dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Pendaftar yang belum lulus Ujian Masuk dapat mengambil kembali semua pembiayaan selain uang makan yang telah dipakai, sumbangan pembangunan, dan uang kepanitiaan Bulan Syawwal.
  • Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan ke Kantor Pengasuhan Santri melalui nomor: 0352 312709 (putra) dan 0351 673261/673256 (putri), atau ke Kantor Sekretaris Pimpinan melalui nomor: 0352 311 766.

© 2017 Gontor | ICT Team