Related Articles

36 Comments

  1. 36

    sekpim

    Waalaikumussalam. Pada prinsipnya, Gontor mempersilakan siapa saja yang ingin mendaftar, baik lulusan SMP, SMA, atau bahkan lebih dari itu. Adapun prosedur pendaftarannya, seperti halnya calon santri yang lainnya. Jazakumullahg.

  2. 35

    Tegar Pujasakti

    assalamualaikum wr.wb . saya kelas 3 smp , orang tua saya merencanakan saya untuk SMA di gontor . Tapi saya bingung nanti kalo SMA itu masa belajarnya berapa tahun dan kalaupun lebih dari tiga tahun, apa saja yg dipelajari lagi ? . mohon di perjelas
    terima kasih

  3. 34

    yon friezal

    ass. Yth Peng Pesantren, anak lulusan SMA sudah 2 thn kuliah di Sudan, renc mau pindah ke Gontor, apakah msih bisa ditrima, gimana ya caranya. wass

  4. 33

    Sekretariat Gontor

    Wa’alaikumsalam

    Di Gontor menggunakan sistem Mu’allimin. Sehingga anak diharuskan untuk menempuh hingga masa studi 6 tahun. Di Gontor tidak ada ijazah SMP/MTs atau yang sederajat. Yang ada adalah Ijazah KMI yang sudah disetarakan dengan Ijazah SMA/MA atau yang sederajat. Kalaupun hanya 3 tahun, nanti akan diberikan surat keterangan pindah sekolah.

  5. 32

    Arief

    Assalammualaikum pengurus..saya rencana berniat memondokan putra saya ke Pondok di Gontor..sekarang masuk kelas 6, rencana saya adalah hanya 3 tahun saja karena putra saya akan melanjutkan ke tingkat SMK..apakah mungkin?mengingat di Pondok Gontor itu sendiri tidak ada ijazah setingkat SMP/Mts..syukron

  6. 31

    gontor

    Wa'alaikumsalam

    Ijazah Gontor sudah disetarakan dengan ijazah sma atau yang sederajat sejak tahun 2000, hingga usaha untuk memperbaharui SK tersebut terus dilakukan. Namun fakta di lapangan, banyak para alumni Gontor yang saat ini dalam masa studi di Perguruan Tinggi swasta maupun negeri.

    Jazakumullah

  7. 30

    gontor

    Wa'alaikumsalam,,

    Memang benar di Gontor tidak ada ijazah setingkat smp/mts. Karena memang di sini menggunakan sistem mu'allimin, yakni masa belajar 6 tahun. Sehingga jika keluar di tengah masa belajar, maka dapat meminta surat keterangan pindah dan raport hasil ujian.

    Jazakumullah,,

  8. 29

    yulia

    Assalammualaikum..

    Anak saya sekarang kelas 3 SMP dan kelulusan ini akan kami daftarkan ke Ponpes Gontor, yang ingin kami tanyakan apakah setelah lulus dari Ponpes Gontor apakan bisa kuliah dan ijasahnya bisa diterima di Universitas Umum lainnya baik didlm negeri atau diluar negeri seperti ingin kuliah Fak. hukum, Fak.Kedokteran, Fak Ekonomi dan lain sebgainya .

    Tks atas infonya.

    Wass

  9. 28

    muchlis

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Menyambung pertanyaan dari Ibu Ismiyati dan Bp. Dony Oktapian, persoalannya sama dgn pertanyaan yang diatas yaitu anak saya kelas 6 SD dan akan kami masukkan pada Ponpes Modern Gontor namun berencana hanya 3 tahun krn ingin melanjutkan ke SMU krn ingin melanjutkan ke fakultas kedokteran sedangkan tadi sdh dijawab " di Gontor tdk ada ijasah setingkat SMP/Mts"…. saya mohon petunjuk dan arahan bagaimana kalo mau meneruskan ke SMU atau SMK kalo tdk ada ijasah setingkat SMP/Mts…

    Atas petunjuk dan arahannya kami sampaikan terima kasih sebelumnya.

    Wassalam

  10. 27

    Zus Andi Arzunik

    Assalamualaikum Wr.Wb….
    Good Morning Gontor….Kaifa halukum?

  11. 26

    gontor

    Wa'alaikumsalam,

    Saat bulan Ramadhan nanti, anaknya bisa dibawa ke Gontor Pusat untuk mengikuti bimbingan persiapan ujian masuk KMI. Pendaftaran calon pelajar sendiri baru akan dibuka pada awal bulan Syawwal.
    Jazakumullah,

  12. 25

    gontor

    Wa'alaikum salam…
    kalo putra Ibu lulusan sekolah menengah, dia akan menjalani program belajar minimal 4 tahun ditambah program pengabdian wajib satu tahun… barulah setelah itu dia berhak mendapatkan ijazah.. demikian Ibu. syukron.

    wassalam..

  13. 24

    Siti Nurul Falahiyah

    assalamu"alaikum
    maaf sebelumnya,adik saya sekarang kelas 9,dia selalu bilang kepada saya tentang keinginannya melanjutkan pesantren+sekolah ke gontor,tapi salah seorang temannya memberitahunya bahwa minimal di gontor itu 5 tahun untuk mendapatkan ijasah.
    apakah itu benar?

  14. 23

    Bunda Raka

    Putra saya skr kelas 6 sd…mau masuk di pesantren Gontor, apakah ada masa persiapan sebelum ujian seleksi ? dan kira kira bagusnya berapa lama sebelum waktu ujian seleksi tersebut ? Mengenai biaya pada saat mengikuti kelas persiapan tersebut berapa besarnya ? syukron infonya

  15. 22

    gontor

    Wa'alaikumsalam

    Pada ramadhan yang akan datang, langsung bisa mengikuti persiapan ujian masuk di Kampus Gontor 1. Adapun ujian baru dilaksanakan pada Bulan Syawwal.
    Jazakumullah,

  16. 21

    bunda attaka

    aslmu*alaikum…putra sy sekarang dduk di kls 6 sd.kiranya mau msk di pm gontor bgmn??hrs brp thn dan bgmn cara mengikuti testnya??kampus putra didaerah mana??sy dr cilacap jawa tengah

  17. 20

    gontor

    Wa'alaikumsalam,

    alamat email Gontor Putri 2: sekr_gp2@yahoo.co.id

  18. 19

    gontor

    Wa'alaikumsalam,

    Mohon maaf, untuk hal tersebut tidak mendapat izin dari Direktur KMI, sehingga pengumuman tidak dapat diakses melalui internet. Pengumuman dapat diketahui melalui surat yang dikirimkan ke rumah anak-anak, atau dengan melihat langsung di samping Masjid Jami' Gontor Pusat.

  19. 18

    gontor

    Wa'alaikumsalam,

    dari MTS dapat melanjutkan di Gontor dengan mengikuti program kelas intensif masa studi 4 tahun,

  20. 17

    Syamsul Arifin

    Assalamu'alaikum Ustadz,

    Mohon dapat kiranya diupload atau di email-kan daftar pengumuman kenaikan kelas 2013 Gontor 5 khususnya untuk kelas 1. Alhamdulillah anak saya sdh 1 thn di Gontor 5 smoga naik kelas dan tetap semangat di Gontor. Amin Allahumma amin.

    Wassalam

  21. 16

    Wynne Bellynda

    Assalamualaikum..
    Apakah bisa Dari SMP/MTs melanjutkan ke gontor ! Dan berapa tahun lagi untuk lulus ?

  22. 15

    Iyuz Niasiyah

    Aslkum,,
    Ana alumnus Ponpes Putri Ummi Kalsum, Nias. bisa minta info ttg email pengurus ponpes gontor putri yg bisa dituju? kami ingin banyak bertanya tentang ponpes gontor putri.
    syukron infonya…

    wsLm..

  23. 14

    gontor

    wa'alaikumsalam,

    hal tersebut terlalu luas untuk dijabarkan pada forum ini. Saudara dapat membaca gambaran tentang pondok di website ini.

  24. 13

    gontor

    kenaikan kelas 5 ke kelas 6 dilakukan dengan yudisium pada tanggal 15 Ramadhan di PMDG Pusat,

  25. 12

    Winer Winarso

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Anak kami sekarang kelas VI dan tahun depan ingin sekali masuk ke Ponpes Gontor, namun sebagai ortu rasanya kok belum bisa sepenuhnya melepas anak ke Gontor karena ngga tahu gimana sih kehidupan di Ponpes Gontor, boleh dong kasih sedikit gambaran..trims Wassalam

  26. 11

    amie

    Bagaimana proses kenaikan kelas dari kelas 5 ke kelas 6, dan kapan pengumuman kenaikannya untuk tahun 2013 ini ? Syukoron

  27. 10

    Dony Oktapian

    Saya juga ada niat seperti Ibu Ismiyati, lalu bagaimana nasib anak kami utk masuk ke sekolah Menengah Kejuruan?? Mohon dipertimbangkan….

  28. 9

    gontor

    wa'alaikumsalam,
    untuk gontor putri 2, saat ini kapasitas sudah tak mencukupi, namun masih menerima,
    mungkin ada kebijakan lain dari pimpinan beberapa minggu ke depan,
    Untuk 20 Juli, ada kemungkinan pendaftaran sudah ditutup

  29. 8

    suwarto

    Assalamualaikum wr wb
    Rencana kami akan mendaftarkan putri kami di gontor putri 2 pada tgl 20 atau 21 Juli 2013, apakah masih bisa? Apabila sudah mendaftar apakah capel langsung tinggal di asrama? Terima kasih, wasalam

  30. 6

    Rokhman

    Anak saya sudah beberapa minggu di Gontor 2. tanggal berapa tes masuk santri dan tanggal berapa pengumuman hasil tes tersebut

  31. 5

    asmadi syamsuddin

    Saya setuju apa yang disampaikan sdr. Iskandar, bahwa niat itu sebenarnya adalah fisi dan misi dari PM Gontor dan kita titipam anak-anak kita untuk dibimbing dan dibina sesuai ajaran Islam dan perlu diketahui jawaban anak-anak atas niat mereka masuk ke PM Gontor belumlah jawaban yang kita harapkan dan yang terpenting mereka siap belajar di PM Gontor perlu kita apresiasi.

  32. 4

    gontor

    Alaikumsalam. Bisa pak Wildan

  33. 3

    gontor

    Boleh saja bu. Namun perlu diketahui, di Gontor tidak ada ijazah setingkat SMP/MTs. Syukron.

  34. 2

    Wildan Arifin

    Assalamu’alaikum,
    Insya-Allah anak perempuan ana tahun ini lulus SD dan Alhamdulillah punya keinginan sendiri ikut belajar di Darussalam Gontor. Dilihat dari jadwal: Pendaftaran spanjang tahun dan test seleksi tgl 3 s/d 15 Syawal. Kalau datang tgl 3 daftar langsung, bisa ikut test seleksi gak ya. Mohon penjelasannya. Syukron.

  35. 1

    ismiyati

    anak saya ingin masuk gontor sekarang dah klas 6 SD, bolehkah menempuh 3 tahun saja, karena anak saya ingin melanjutkan ke smk

Leave a Reply

© 2017 Gontor | ICT Team