Date:

Share:

Pentingnya Keteladanan dalam Mendidik

Related Articles

“Di Dalam mendidik kita menggunakan sarana keteladanan, penciptaan lingkungan yang kondusif, pembiasaan yang baik serta kegiatan yang terarah.”

Dalam syi’ar pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor, disebutkan bahwa apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan oleh para santri baik itu berupa suara ataupun gerakan yang ada di lingkungan pondok merupakan faktor-faktor pendukung dalam proses pendidikan dan pengajaran di pondok ini. Maka dapat dikatakan bahwa sumber pendidikan di pondok ini adalah segala hal positif yang terdapat di pondok ini. Pendidikan di pondok ini dapat ditemui dalam segala hal baik itu pendidikan dari guru, pendidikan di kelas dan asrama, dan dalam kegiatan-kegiatan yang telah diatur sedemikian rupa.

Selain itu juga, faktor utama pendukung pendidikan adalah keteladanan, baik itu keteladanan yang berasal dari guru-guru dan segenap santri senior yang merupakan santri dari kelas lima dan enam. Keteladanan dalam proses pendidikan sangatlah penting agar santri yang lebih muda menirukan hal-hal positif yang mereka temukan dari para guru dan kakak kelas mereka dari siswa kelas lima dan enam. Dengan adanya keteladanan, suatu perbuatan baik akan dapat dengan mudah disebarluaskan dan hal ini akan menjadi sumber pendidikan bagi segenap santri di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Lingkungan yang kondusif juga merupakan hal yang penting dalam membentuk suasana pendidikan yang baik. Pembentukan lingkungan yang kondusif berperan dalam terciptanya suasana belajar yang baik dan iklim pendidikan yang positif. Dengan adanya lingkungan yang kondusif maka keberhasilan dalam pendidikan dapat tercapai serta tujuan dan target pengajaran dan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor akan terealisasi dengan baik.

Banyaknya kegiatan-kegiatan di Pondok Modern Darussalam Gontor juga bertujuan untuk mendidik para santri. Kegiatan-kegiatan di pondok ini bukannya sesuatu yang tidak ada arahnya, tetapi kegiatan ini merupakan kegiatan-kegiatan yang terarah dan telah di desain sedemikian rupa agar menjadi wasilah dalam pendidikan bagi para santri. Dengan kegiatan-kegiatan, santri akan terdidik dalam banyak hal dari segi persiapan kegiatan, pengaturan, dan apa yang ada di dalam kegiatan tersebut.

Sebagaimana dikutip dalam buku ‘Senarai Kearifan Gontory’ yang ditulis oleh Al-Ustadz Ahmad Soeharto, “Sarana utama dalam pendidikan santri di Gontor adalah keteladanan, penciptaan lingkungan, sehingga apapun yang dilihat, didengar dan dirasakan santri semuanya mendidik, serta pembiasaan yang baik untuk membentuk kepribadian santri melalui berbagai kesibukan dan kegiatan yang terarah.” Najemi

 

Related Articles :

Keteladanan Seorang Guru

Popular Articles