Date:

Share:

Wisma Hadi Juarai Lomba Baris Berbaris Antar Rayon

Related Articles

DARUSSALAM—Rentetan acara Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy 1430 H/2009 M di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) terus berlanjut dengan berbagai aktivitas yang melibatkan seluruh penghuni Kampung Damai. Dari sekian banyak acara yang termasuk dalam Pekan Perkenalan ini adalah Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Antar Rayon, Jum’at (16/10) pagi. Dalam perlombaan yang diikuti seluruh rayon se-Darussalam tersebut, Wisma Hadi (WH) keluar sebagai juara LKBB Antar Rayon tahun ini dari kategori rayon sighor. Sedangkan untuk kategori rayon kibar, gelar juara berhasil diraih rayon Saudi 1/3.


Adapun jumlah peserta yang mengikuti perlombaan ini sebanyak 20 rayon yang terbagi dalam dua kategori; rayon sighor dan rayon kibar. Terdaftar sebanyak 12 rayon yang bersaing di kategori rayon sighor, yaitu Alighar ½, WH, Darul Hijroh, Indonesia 1/1, Indonesia ½, Indonesia 2/1, Indonesia 2/2, Indonesia 3, Indonesia 4, Saudi 1/1, Saudi 3/1 dan Solihin 1. Selain itu, terdapat delapan rayon yang berkompetisi di kategori rayon kibar, antara lain Alighar 1/1, Saudi ½, Saudi 1/3, Saudi 3/2, Saudi 3/3, Solihin 2, Palestina dan Yaman. Setiap barisan dari tiap-tiap rayon peserta LKBB berjumlah 10 orang.

Menurut penuturan Adli Ahdiyat, siswa kelas 6-F yang menjadi penanggung jawab LKBB Antar Rayon dari Panitia Pekan Perkenalan Khutbatu-l-'Arsy (P3KA), hasil perlombaan ini merupakan nilai komulatif dari tiga kategori penampilan baris-berbaris dari setiap peserta. “Maksudnya, setiap peserta harus menampilkan tiga bentuk barisan. Pertama, LKBB dengan gaya baris-berbaris resmi (LKBB resmi-red) dengan dinilai dua orang juri, yakni Ust. Priyo Widodo dan Ust. Ibadurrahman. Kedua, LKBB dengan isyarat (LKBB isyarat-red) yang ditampilkan di hadapan tiga orang juri; Ust. Rofiq Al-Habib Sa’ud, Ust. Ramadhan Koso dan Ust. Anshor Zulhelmi. Sedanya kategori ketiga adalah LKBB dengan variasi barisan (LKBB variasi-red) dengan dua orang juri; Ust. Sudrajatullah dan Ust. Amin Mujahid,” paparnya menjelaskan, Ahad (18/10) lalu.

Untuk menjadi juara atau yang terbaik, ungkap siswa Kulliyatu-l-Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) ini, setiap peserta lomba harus memperhatikan kriteria yang telah ditentukan. Adapun kriteria tersebut meliputi kerapian barisan, kekompakan barisan dan keselarasan gerakan dari setiap anggota barisan. Ketiga kriteria ini berhasil dilaksanakan sepenuhnya oleh WH dan Saudi 1/3 yang berhasil menjuarai LKBB Antar Rayon tahun ini.

Selain kedua rayon tersebut, juara kedua dan ketiga berturu-turut diraih rayon Saudi 3/2 dan Solihin 2 untuk kategori rayon kibar. Sedangkan untuk kategori rayon sighor, gelar juara kedua dan ketiga berhasil direbut rayon Indonesia 2/2 dan Saudi 3/1.  
 

Popular Articles