Date:

Share:

Warta Dunia (Wardun) 2022

Related Articles

Alhamdulillah dengan izin Allah SWT, Jurnal Tahunan/Warta Dunia (Wardun) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dapat diselesaikan. Meskipun dengan segala keterbatasan dalam proses penerbitannya, kami Tim Redaksi bersyukur bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semuanya tidak lepas dari kerja keras, tanggung jawab, kesungguhan, dan keikhlasan seluruh Tim Redaksi.

Wardun adalah deskripsi aktivitas PMDG secara keseluruhan selama setahun; Meliputi Aktivitas para santri, guru-guru, Pimpinan Pondok, dan Anggota Badan Wakaf. Untuk mempermudah pembaca dalam memahami dan melihat perkembangan pondok secara keseluruhan, maka sistematika penyajian Wardun mengacu pada Panca Jangka PMDG, yakni; Pendidikan dan Pengajaran, Kaderisasi, Pergedungan, Khizanatullah, dan Kesejahteraan Keluarga.

Selain mengacu pada Panca Jangka PMDG, Wardun ini juga memuat berita khusus dengan tema Program-Program PMDG Menuju 100 Tahun. Di antara program-program tersebut adalah: Pemerataan, Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Kader PMDG, Efisiensi Kerja Lembaga-Lembaga, serta Pembentukan Tim Pendirian Fakultas Kedokteran UNIDA Gontor. Tidak ketinggalan, Wardun juga memuat berita tambahan seperti: Jumlah Keluarga Gontor yang berada di Luar Negeri, Kehadiran Para Tamu di PMDG, Berita Keluarga, serta Pesan dan Nasihat Trimurti Pendiri Pondok.

Hingga saat ini, KMI dan UNIDA terus menunjukkan perkembangan yang berarti menuju 100 tahun pondok, baik secara kualitas maupun kuantitas. Tahun ini, KMI mampu menerapkan sistem pendaftaran online bagi seluruh calon pelajar putra maupun putri, menyelenggarakan sejumlah pendalaman materi secara virtual bagi para pengajar di seluruh kampus PMDG, dan juga mengadakan berbagai program untuk mendorong kualitas materi mafikib para santri.

Sementara itu, UNIDA Gontor juga terus berupaya untuk mewujudkan cita-cita Trimurti PMDG agar dapat menjadi Universitas yang bermutu dan berarti. Peningkatan ini tidak hanya terjadi secara internal dan sistem saja, tetapi juga secara kebermanfaatannya kepada masyarakat. Peningkatan mutu tersebut ditunjang dengan banyaknya kerjasama dengan Universitas dalam dan luar negeri, peningkatan kualitas dosen dan tenaga kependidikan, serta akreditasi yang terus dimaksimalkan. Adapun kebermanfaatannya bagi masyarakat luas, diwujudkan dengan meningkatkan kualitas para alumni yang tidak hanya menjadi intelek pada bidangnya, tetapi juga harus tetap berjiwa santri. Seluruh program ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik, sehingga PMDG dapat menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berkualitas di masa yang akan datang.

Akhirnya, kami menyampaikan ribuan terima kasih kepada seluruh santri, guru, dan alumni PMDG yang telah berkontribusi dalam mensukseskan Lomba Desain Sampul Wardun. Alhamdulillah, melalui perlombaan ini, para santri, guru dan alumni PMDG mampu meningkatkan kreatifitas mereka untuk memunculkan ide-ide baru dalam karya desain grafis pembuatan sampul Wardun.

Kami atas nama Tim Redaksi Wardun 2022, memohon maaf jika dalam penulisan Wardun tahun ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, saran dan masukan sangat diharapkan demi perbaikan Wardun di tahun-tahun yang akan datang. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Klik link di bawah untuk mengakses Wardun 2022 secara online.

Wardun 2022. pdf

 

11 Jumadal Ula 1444/05 Desember 2022

Popular Articles