Date:

Share:

Vocal Group Antarrayon, Mendidik Kesungguhan Santri

Related Articles

DARUSSALAM– Kegiatan lomba Vocal Group antarrayon yang melibatkan seluruh santri di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali diadakan pada hari Jum’at (20/12) lalu. Acara yang diadakan di Balai Pendidikan Pondok Modern (BPPM) ini menampilkan kebolehan para santri dalam memadukan suara antara satu dengan lainnya, menari, hingga bermain musik, yang dikemas dalam penampilan atraktif. Perlombaan ini sekaligus menguji kekompakan para santri dengan teman-teman rayonnya, sebab di akhir acara diadakan pembagian hadiah bagi penampil yang terbaik dan mendapat nilai tinggi dari para dewan juri.

“Acara di hari ini (vocal group) merupakan sarana pendidikan dalam 3 hal sekaligus; yaitu pendidikan akal, pendidikan fisik, dan pendidikan akhlak,” tutur Al-Ustadz Bambang Setyo Utomo, M.I.Kom., selaku salah satu guru senior PMDG yang mewakili Bapak Pimpinan PMDG dalam menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.

Ustadz Bambang juga menyampaikan bahwa Perlombaan yang terdiri dari 21 rayon se-Darussalam ini, merupakan sarana pendidikan bagi para penampil, acara ini juga mendidik para panitia serta asatidz pembimbing tentang pendidikan keikhlasan, di mana mereka tidak menerima bayaran sepeser pun untuk mempersiapkan acara, semuanya berusaha tampil dengan maksimal, sehingga acara tersebut seakan menjadi ajang bagi para santri untuk bersungguh-sungguh dan menampilkan yang terbaik.

Setiap rayon diberikan waktu selama 11 menit untuk penampilan mereka di atas panggung. Sehingga dengan jumlah 21 rayon, acara yang dimulai pada pukul 08.15 tersebut menampilkan sebanyak 14 rayon hingga sebelum waktu Shalat Jum’at, kemudian setelah menunaikan Shalat Jum’at sekaligus makan siang, acara kembali dilanjutkan dengan sisa penampilan 7 rayon hingga tiba waktu Ashar. Dan di akhir acara, para santri disuguhkan dengan penampilan Masquerade dari panitia kelas 3 intensif dan kelas 4 sebelum akhirnya dibacakan para juara oleh dewan juri sekaligus pembagian hadiah.

 

Dari hasil perolehan nilai masing-masing rayon, juara-juara rayon Sighor dimenangkan oleh rayon Indonesia 3 pada posisi ketiga, kemudian Saudi 3 lantai 1 pada posisi kedua, dan rayon Gedung Baru Sighor (GBS) sebagai juara pertama. Adapun untuk kategori rayon Kibar, rayon Yaman pada juara ketiga, kemudian pada juara kedua adalah Gedung Baru Kibar (GBK), dan sebagai juara pertama adalah rayon Saudi 1 lantai 3. Dan Juara Umum pada perlombaan tersebut adalah rayon Saudi 1 lantai 3, sedangkan Juara Favorit diraih oleh rayon GBK.

By: Akmal Mahrus
Ed: Raka Fadel

Popular Articles