Date:

Share:

Utusan Gontor Ikut Serta dalam Acara OSTW 2012 di Jepang

Related Articles

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Surya Institut menyelenggarakan sebuah program yang disebut dengan “Outstanding Students for The World (OSTW) 2012”. Para peserta yang terpilih mengikuti program ini merupakan putra-putri terbaik Indonesia. Di antara mereka ada yang mempunyai prestasi di tingkat nasional maupun internasional, khususnya para siswa pemenang kompetisi olimpiade di bidang ilmu sains, ilmu sosial, kontes robot, debat bahasa Inggris, debat hukum internasional, dan lain sebagainya. Bersama mereka, salah satu kader terbaik Pondok Modern Darussalam Gontor, Ahmad Zakky Mubarok, terpilih untuk berpartisipasi dalam program yang diselenggarakan di Jepang ini.

Program yang berlangsung selama 10 hari ini, Sabtu–Senin, 9–18 Juni 2012, bertujuan memberikan kesempatan kepada generasi muda negeri ini untuk ikut berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri, terutama di Jepang. Di samping itu, program ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pemuda berprestasi tentang bagaimana politik luar negeri dan praktik diplomasi Indonesia dijalankan pada tingkat bilateral atau multilateral. Tidak hanya itu, kegiatan kepemudaan ini juga bertujuan untuk memperkuat rasa nasionalisme serta kecintaan generasi anak bangsa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk kelancaran acara, para peserta telah dibekali terlebih dahulu dengan berbagai wawasan tentang diplomasi, politik luar negeri, lingkup tugas Kemlu dan perwakilannya, NKRI dan kebangsaan pada acara pengukuhan peserta yang diadakan di Gedung Pancasila dan Kementerian Luar Negeri, Sabtu–Senin, 9–11 Juni 2012. Dalam kesempatan ini, para peserta juga diminta untuk memaparkan materi karya ilmiah yang akan disampaikan di Jepang nanti.

shah wa

 

 

Popular Articles