Date:

Share:

Ustadz Maftuh Basyuni Wafat, Rombongan Gontor Melayat ke Rumah Duka

Related Articles

GONTOR–Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang juga Mantan Menteri Agama di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Muhammad Maftuh Basyuni, wafat, Selasa malam (20/9/2016). Beliau dikabarkan meninggal karena gangguan ginjal yang dideritanya sejak lama.

Mendengar kabar tersebut, KH. Hasan Abdullah Sahal beserta rombongan Gontor lainnya bertakziah ke rumah duka di Perdatam, Jakarta Selatan, Rabu pagi (21/9). Kiai Hasan disertai dengan KH Syamsul Hadi Abdan, KH Akrim Mariyat, dan Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi. Di rumah duka, Kiai Hasan dan rombongan diberi kesempatan oleh pembawa acara untuk menshalatkan jenazah, meski di saat bersamaan jenazah sudah akan diberangkat ke Masjid At-Tin.

Almarhum wafat dalam usia 76 tahun. Beliau mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat, pukul 18.30 WIB. Setelah dari RSPAD, jenazah dibawa ke rumah duka di daerah Perdatam, Jakarta Selatan. Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Rabu (21/9). Jenazah tiba di pemakaman pukul 13:35 WIB. Sebelum sampai di TMP Kalibata, jenazah dishalatkan di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah.

Lahir di Rembang, Jawa Tengah, 4 November 1939, almarhum menjabat sebagai Menteri Agama dari 21 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2009. Beliau juga sempat menjabat sebagai Sekretaris Negara pada pemerintah Presiden Abdurrahman Wahid.

Bagi Gontor, almarhum adalah sosok bersahaja dan memberi peran penting besar bagi perkembangan Pondok, khususnya saat Peringatan 80 tahun Gontor pada 2006 lalu. Jika saat ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga alumni Gontor banyak membantu dalam Peringatan 90 tahun, maka almarhum di tahun 2006 juga banyak membantu dalam berbagai hal pada Peringatan 80 tahun.

Selamat jalan guru kami, ustadz kami, Ustadz Maftuh Basyuni. semoga Allah senantiasa menaungi dengan awan-awan keberkahan. binhadjid

Popular Articles