Date:

Share:

Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru 1443-1444/2022-2023

Related Articles

DARUSSALAM – Seusai liburan panjang yang dilalui para santri sejak tanggal 23 Maret 2022 lalu, hari ini, seluruh santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kembali memasuki masa-masa pebelajaran aktif di Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Dimulainya Kembali masa aktif tersebut ditandai dengan upacara pembukaan tahun ajaran baru periode 1443-1444/2022-2023 yang diadakan pada Kamis, 12 Mei di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

 

Upacara dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB, dan diawali dengan sambutan oleh Bapak Pimpinan PMDG, K.H. Hasan Abdullah Sahal. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwasanya Gontor itu unik, karena setiap tahun tetap berjalan dengan baik walaupun selalu mengalami sedikit perubahan dalam pembukaan tahun ajaran baru, baik dalam suasana maupun rentetan kegiatannya.

 

Lebih lanjut, KH. Hasan Abdullah Sahal juga menjelaskan di hadapan seluruh santri bahwasanya pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia, pesantren sudah berdiri sejak zaman penjajahan. Pesantren lebih dari sekedar tempat menuntut ilmu, di pesantren santri dididik pilar-pilar kehidupan.

“Pesantren bukan hanya sekedar tempat menuntut ilmu, lebih dari itu pesantren merupakan lembaga pendidikan pilar-pilar kehidupan yang merupakan tripusat kehidupan agama Islam yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.Ungkap K.H. Hasan Abdullah Sahal dalam Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru 1443-1444/2022-2023

 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Wakil Direktur KMI, Al-Ustadz Farid Sulistyo, Lc. Di awal sambutannya, beliau mengingatkan para santri agar memperbarui niatnya selama di pesantren ini serta menyambut dengan hangat para santri PMDG yang sudah tiba tepat waktu di PMDG.

“Masuklah ke pondok ini secara kaffah, tinggalkan semua memori selama liburan kemarin, sekarang saatnya fokus untuk stabilisasi kegiatan pondok.” Pesan Al-Ustadz Farid Sulistyo, Lc. dalam sambutannya kepada seluruh santri.

 

Di akhir upacara, bapak Pimpinan PMDG melepas keberangkatan 799 guru baru Extraordinary Generation, yang akan mengabdi di seluruh kampus putra PMDG. Alif/Abdurrahman

Baca juga:

Pembukaan Tahun Ajaran Baru dan Ujian Tulis Capel 1442/2021

Gontor Siap Adakan Kegiatan Akhir Tahun Dengan Pembukaan Tahun Ajaran Semester Kedua

Popular Articles