Date:

Share:

Upacara Pembukaan Kegiatan Bahasa Awali Kegiatan Santri

Related Articles

Darussalam – Upacara pembukaan kegiatan bahasa merupakan awal dibukanya rentetan aktivitas santri di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara ini dilaksanakan pada Jumat (26/6) pukul 05:15 WIB. Hadir dalam upacara tersebut direktur Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyyah (KMI), para dewan guru, dan seluruh santri.

Dalam sambutannya, Al Ustadz H. Farid Sulistio, Lc, wakil direktur KMI, menyatakan bahwa sudah selayaknya santri menjaga bahasanya dengan selalu menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan mereka sehari – hari. Hal tersebut dikarenakan dengan menjaga bahasa, maka kemuliaan seorang santri itu akan bertambah.

“Bahasa adalah mahkotanya pondok. Mahkota itu diletakan di atas kepala seorang raja. Jika hilang mahkota itu dari kepala raja, maka tidak dapat disebut sebagai raja” kata Al Ustadz Farid dalam sambutannya.

Usai sambutan dari bapak direktur KMI, acara dilanjutkan dengan orasi bahasa Arab yang disampaikan oleh Al Ustadz H. Muhammad Nur, Lc dan orasi bahasa Inggris oleh Al Ustadz Dr. H. Khoirul Umam, M. Ec.

Dalam orasinya, Al Ustadz Muhammad Nur menyampaikan keutamaan bahasa Arab yang merupakan bahasa Al Quran. “Mempelajari bahasa arab merupakan suatu bagian dari agama. Karena sesungguhnya bahasa kita adalah bahasa arab, dan bahasa arab merupakan seindah-indahnya bahasa” ujarnya.

Adapun dalam orasinya, Al Ustadz Khoirul Umam menyampaikan bahwa jika kita mampu menguasai bahasa Arab dan Inggris kita dapat pergi ke negri manapun yang kita inginkan. “Kita adalah pemuda yang berbahasa Arab dan Inggris. Jika kamu datang ke negara Inggris, Amerika, Sudan, dan Turki, kamu dapat menemukan seribu alumni gontor disana. Bahasa adalah mahkota kita.” katanya. dinul

Popular Articles