Date:

Share:

Upacara Pembukaan Awali Kegiatan Kelas 5 KMI

Related Articles

DARUSSALAM– Upacara pembukaan kegiatan yang menjadi awal bagi rentetan kegiatan kelas 5 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dilaksanakan pada Kamis (18/6) pagi pukul 06.45 WIB. Upacara tersebut dihadiri oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), KH. Hasan Abdullah Sahal dan Bapak Direktur KMI Al-Ustadz H. Masyhudi Subari, M.A. yang sekaligus memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Bapak Pimpinan menyampaikan kepada seluruh hadirin tentang pentingnya bersyukur, terutama karena pada kondisi yang sedang waspada wabah covid-19 seperti sekarang ini para santri masih bisa berangkat dari daerah masing-masing dan sampai ke pondok ini dengan selamat, dengan tujuan menuntut ilmu. “Antum adalah anak-anak yang beruntung, maka harus bersyukur. Kalau kita mati sekarang ini maka kita dua kali syahid, pertama syahid karena di tengah wabah dan kedua syahid karena menuntut ilmu.” begitulah bunyi poin yang disampaikan oleh Bapak Pimpinan dalam sambutannya. Selain poin tersebut, beliau juga banyak menyampaikan kutipan hadits-hadits Rasulullah SAW yang diharapkan dapat menjadi bekal para santri untuk menjalani pendidikan dan pengajaran di pondok ini.

Setelah sambutan dari Bapak Pimpinan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Direktur KMI. Dalam sambutannya beliau mengingatkan kembali kepada para santri bahwa disiplin di pondok ini tidak bisa ditawar, dan bahwa penting adanya memahami serta menjaga 3 elemen utama dalam disiplin, yaitu nizham, intizham, dan tanzhim. “Disiplin yang bagus itu kalau ada yang berdisiplin, dan kalau ada kedisiplinan. Dan hari ini merupakan hari pertama untuk seluruh kegiatan berdisiplin bagi kelas lima.” Begitulah yang disampaikan oleh Bapak Direktur dalam sambutannya.

Selain dihadiri oleh Bapak Pimpinan dan Bapak Direktur, upacara tersebut juga dihadiri oleh dewan guru pembimbing kelas 5 serta seluruh siswa kelas 5 KMI yang berjumlah 681 siswa. Jumlah tersebut adalah 94% dari jumlah keseluruhan siswa kelas 5 yaitu 720 siswa. Adapun jumlah siswa kelas 5 yang belum tiba di kampus berjumlah 39 siswa, karena menghadapi beberapa kendala dalam perjalanannya menuju pondok.

Setelah upacara pembukaan, kegiatan siswa kelas 5 KMI dilanjutkan dengan pembacaan absen disiplin sesuai kelas masing-masing, kemudian pemilihan ketua panitia Pagelaran Seni Drama Arena 595, dan pada malam harinya adalah pelantikan pengurus rayon.

Popular Articles