Date:

Share:

Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-75, Mengingatkan Akan Besarnya Perjuangan

Related Articles

GONTOR– Kemerdekaan indonesia yang ke-75 menjadi tolak ukur akan perjuangan para pendahulu untuk negeri ini, betapa besar jasa yang telah digoreskan untuk tanah air yang kita cintai saat ini. Tak lupa di hari yang bersejarah ini, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo tetap menyelenggarakan upacara peringatan kemerdekaan dengan menyesuaikan kondisi dan keadaan saat masa pandemi ini.

Pada pagi hari ini, Senin (17/8) pukul 07.00 WIB, upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 dimulai, yang bertempat di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Upacara ini diikuti oleh semua santri dan guru Kulliyyatu-l Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Pimpinan PMDG menunjuk Al-Ustadz Dr. H. Yoyok Suyoto Arief, M.S.I. menjadi inspektur upacara. Beliau merupakan guru PMDG dan juga Dosen Universitas Darussalam (Unida) Gontor. Setelah selesai membacakan teks Pancasila, beliau menyampaikan, “mari kita bersama-sama berjuang untuk memajukan negara ini, agar di masa yang akan datang mampu berbuat lebih baik“, ujar beliau.

Pesan sekaligus nasehat dari Bapak Pimpinan PMDG K.H. Hasan Abdullah Sahal di hadapan para hadirin, ialah untuk mengingatkan para hadirin tentang kesyukuran kita karena telah merdeka, dan pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua dan bertaraf nasional yang dimiliki Indonesia, tutur beliau.

Upacara Kemerdekaan ini berjalan dengan lancar dan tertib, serta diadakannya upacara ini bukan hanya menjadi ajang perkumpulan dengan memakai semua atribut merah putih. Namun, disini kita berusaha untuk mengingat serta merenungi perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan para pejuang dalam pembentukan NKRI ini, agar tumbuhnya rasa cinta akan tanah air ini.

PMDG berupaya menanamkan pendidikan di setiap acara yang diselenggarakannya, dengan harapan kepada semua hadirin dapat lebih memaknai arti dari sebuah kemerdekaan serta dapat berjuang untuk kemajuan tanah air Indonesia dimasa yang akan datang. MIKA

Previous article
Next article

Popular Articles