Date:

Share:

UNIDA Gontor Adakan Ujian Tahfidz Al-Qur’an di Seluruh Kampus

Related Articles

GONTOR – Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar ujian hafalan atau imtihan tahfidz Al-Qur’an bagi seluruh mahasiswa/i. Kegiatan ini berlangsung di seluruh kampus UNIDA secara bersamaan yaitu pada hari  Jum’at (19/9) siang lalu. Dengan tujuan untuk mengajak mahasiswa menghafal, mencintai serta mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari guna menyiapkan mahasiswa berjiwa Qur’ani.

Merujuk pada visi hebat yang UNIDA miliki, yaitu menjadi universitas unggulan yang mengintegrasikan sains, teknologi, dan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu keislaman. Maka hadirnya lembaga pendidikan ini tidak hanya untuk melahirkan generasi yang mahir akan ilmu dan kuat akan mental, melainkan pendidikan kerohanian mahasiswa/i pun juga turut diperhatikan, dengan salah satu cara nya adalah mengadakan ujian Tahfidz Al-Qur’an sebelum ujian akhir semester diselenggarakan. Hal inilah yang mampu meningkatkan para mahasiswa/i menjadi generasi Qur’ani yang berpendidikan.

Seluruh mahasiswa/i diwajibkan menghafal setengah juz dalam satu semester, selanjutnya dalam dua semester (satu tahun) mahasiswa/i wajib hafal 1 juz, dengan demikian selama kuliah 8 semester di Unida Gontor seluruh mahasiswa/i mampu menghafal 4 juz yang merupakan syarat kelulusan program S1. Program ini dimulai dari juz 29 bagi semester 1 dan 2, juz 1 bagi mahasiswa  semester 3-4, juz 2 bagi mahasiswa semester 5,6,7, dan 8 pada tahun akademik.

Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an ini diadakan UNIDA di setiap kampusnya sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester. Dan bagi mahasiswa/i yang belum menyelesaikan hafalannya atau belum mengikuti ujian tahfidz, maka dikenakan sanksi tegas untuk tidak dapat mengikuti Ujian Akhir Semester pada semester reguler yang sudah mereka ambil pada tahun ajaran saat itu,

Semoga apa yang sudah diusahakan oleh seluruh mahasiswa/i dalam program Tahfidz Al-Qur’an ini, akan mendapat jaza’ yang setimpal dari Allah SWT. Allahumma Amiin.

Popular Articles