Date:

Share:

UNIDA Gelar Muaskar Bagi Calon Wisudawan ke-28

Related Articles

Gontor – Menyambut resepsi Wisuda yang ke-28, Universitas Darussalam (UNIDA) membekali para mahasiswa calon wisudawan dengan berbagai ilmu serta pendidikan. Acara ini diikuti oleh 50 Mahasiswa calon wisudawan UNIDA dan acara ini dimulai dari hari Jum’at (28/7) hingga Senin (31/7) 4 hari sebelum menghadapi prosesi wisuda yang InsyaAllah akan diselenggarakan pada hari Kamis (4 /8) mendatang, Kegiatan ini dibuka langsung oleh KH. Syamsul Hadi Abdan, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Gedung Siroh UNIDA pada hari Jum’at lalu.

Dalam kesempatan kali ini, Kyai Syamsul menyampaikan banyak hal yang berkaitan dengan kepondokmodernan, dimulai dari sejarah Gontor, sejarah perguruan tinggi, serta pesan dan nasihat bagi para peserta. Mereka pun antusias dengan apa yang beliau sampaikan.

Dari sejak berdirinya Institut Studi Islam Darussalam (ISID) hingga berubah nama menjadi UNIDA, Universitas ini tidak pernah lepas dari pengarahan-pengarahan. Tujuannya untuk mempertajam kembali pemahaman tentang kepondokmodernan, tentang nilai-nilai pondok, juga ilmu-ilmu lainnya. Pengarahan bagi calon wisudawan yang diadakan selama satu pekan ini dinamakan dengan istilah “Muaskar”.

Muaskar, merupakan kegiatan karantina bagi calon wisudawan di UNIDA Gontor. Diakhir masa studi, mereka akan mengikuti karantina “Muaskar”. Karantina ini diisi penuh dengan segala kegiatan, dari mulai bangun tidur sampai waktu istirahat di malam hari. Para calon wisudawan dikumpulkan dan ditempatkan disuatu tempat. Semua aktivitas dilaksanakan disana dan bersama-sama. Dimulai dari Shalat berjama’ah, Tadarus Al-Qur’an, Olahraga, Sarapan, Seminar, Resume, Kultum, dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan bersama-sama dan dibimbing langsung oleh para dosen.

Semua aktivitas “muaskar” penuh dengan nilai-nilai pendidikan, para dosen memberikan nasehat kepada para mahasiswa agar tetap memegang teguh nilai-nilai pondok, sehingga pada akhirnya mereka bisa menjadi insan yang beriman, berakhlaq mulia, berpengetahuan luas serta mampu mengamalkan ilmunya secara kreatif dan inovatif sehingga dapat memecahkan masalah umat dan bangsa, serta sanggup berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Sesuai dengan tujuan dari Visi dan Misi UNIDA. Rafa

Popular Articles